Klasemen Akhir Piala AFF U-19 2022 Grup A : Indonesia Tersingkir dengan Mengenaskan

Pertandingan Indonesia vs Myanmar pada terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, jawa Barat, Minggu (10/7) malam WIB. Foto: pssi
Pertandingan Indonesia vs Myanmar pada terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, jawa Barat, Minggu (10/7) malam WIB. Foto: pssi

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 tersingkir di penyisihan grup Piala AFF U-19 2022. Itu setelah Garuda Nusantara hanya mampu finis ketiga di klasemen akhir Grup A.


Adalah Timnas Vietnam dan Thailand yang lolos ke semifinal setelah finis pertama dan kedua di klasemen akhir Piala AFF U-19 2022 untuk Grup A.

Pada laga terakhir, Minggu (10/7), Timnas Indonesia U-19 membantai Myanmar U-19 dengan skor 5-1.

Gol-gol tim besutan Shin Tae Yong dihasilkan lewat brace Muhammad Ferarri, sepakan indah Arkhan Fikri, serta donasi gol Rabbani Tasnim Siddiq dan Ronaldo Kwateh.


Sementara satu-satunya gol Myanmar dicetak lewat sundulan La Min Thwe di awal laga.

BACA JUGA : Hasil Piala AFF U-19 2022 : Indonesia Bantai Myanmar, Vietnam dan Thailand ‘Kompak’ Singkirkan Garuda Nusantara

Sayangnya pesta gol Indonesia ke gawang Myanmar itu tidak cukup untuk meloloskan Garuda Nusantara ke semifinal.

Sebab dua rivalnya, Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 di Stadion Madya Senayan Jakarta pada saat yang sama.

Thailand unggul lebih dulu melalui Kroekphon Arbram menit ke-72 lewat sundulannya memanfaatkan kemelut di kotak penalti Vietnam.

Empat menit berselang, Vietnam menyamakan kedudukan setelah sang kapten, Khuat Van Khang meneruskan sebuah sepakan keras.

BACA JUGA : Update Vietnam vs Thailand, Kabar Buruk Bagi Timnas Indonesia U-19

Setelah skor imbang 1-1 -hasil yang dibutuhkan Vietnam dan Thailand untuk lolos ke semifinal sekaligus menyingkirkan Garuda Nusantara- kedua tim bermain santai.

Bola lebih banyak bergulir di area pertahanan tim yang menguasai bola.

Nyaris tidak ada pressing ketat dari pemain lawan. Situasi itu terus terjadi hingga laga Vietnam vs Thailand berakhir dengan skor 1-1.

Hasil dua pertandingan di atas membuat Indonesia, Vietnam dan Thailand memiliki angka sama 11 poin di klasemen akhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sesuai aturan Piala AFF U-19 2022, jika dua atau lebih tim memiliki poin sama di klasemen akhir, akan dibuat klasemen mini untuk menentukan peringkat akhir.

BACA JUGA : Begini Aturan Piala AFF U-19 2022 Jika Indonesia, Thailand dan Vietnam Miliki Poin Sama

Klasemen mini ini melibatkan ketiga tim yang memiliki poin sama.

Cara penentuan peringkat, pertama mengacu pada head to head. Lalu selisih gol, terakhir jumlah gol yang dicetak pada pertandingan yang melibatkan ketiga tim.

Head to head ketiga tim sama, sebab tidak ada saling mengalahkan. Selisih gol juga sama.

Lalu Vietnam dan Thailand diuntungkan dalam hal jumlah gol yang dicetak. Keduanya sama-sama mencetak satu gol (bermain imbang 1-1).

Sementara laga Indonesia melawan kedua tim di atas imbang tanpa gol. Garuda Nusantara nol gol di klasemen mini.

Dengan demikian Vietnam finis di posisi pertama, Thailand kedua. Sementara Indonesia ketiga.

Jadi Vietnam dan Thailand yang berhak lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 mewakili Grup A.

Indonesia, meskipun jadi tim paling produktif dan memiliki selisih gol (secara keseluruhan) paling baik, namun harus tersingkir secara mengenaskan karena aturan Piala AFF U-19 2022. (fat/pojoksatu)

Klasemen Akhir Piala AFF U-19 Grup A