Begini Aturan Piala AFF U-19 2022 Jika Indonesia, Thailand dan Vietnam Miliki Poin Sama

Sesuai aturan Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 bisa tersingkir jika laga Vietnam vs Thailand berakhir dengan gol. Foto: dok.pssi
Sesuai aturan Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 bisa tersingkir jika laga Vietnam vs Thailand berakhir dengan gol. Foto: dok.pssi

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Aturan Piala AFF U-19 2022 memungkinkan Timnas Indonesia U-19 tersingkir, meski mampu mengalahkan Myanmar U-19, Minggu (10/7) malam.


Hal itu bisa terjadi jika duel kontestan Grup A lainnya, Timnas Vietnam U-19 lawan Thailand U-19 berakhir imbang dengan gol.

Dua pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 lawan Myanmar dan Vietnam vs Thailand digelar beberapa saat lagi.


Dua pertandingan terakhir Grup A ini akan digelar bersamaan, pukul 20.00 WIB malam ini.

Laga Indonesia vs Myanmar akan digelar di STadion Patriot Candrabhaga Bekasi, sementara Vietnam vs Thailand di Stadion Madya Senayan Jakarta.

BACA JUGA : Jadwal Bola Malam Ini, 10 Juli : Indonesia vs Myanmar, Vietnam vs Thailand

Hasil dua laga ini akan menentukan dua tim yang lolos ke semifinal sebagai juara dan runner up Grup A.

Sebelum laga pamungkas ini, Vietnam memuncaki klasemen Grup A dengan 10 poin selisih gol +10.

Disusul Thailand juga dengan 10 poin dan selisih gol +6. Sementara Indonesia ketiga dengan 8 poin dan selisih gol +11.

Jika Indonesia mengalahkan Myanmar dan laga Vietnam vs Thailand berakhir imbang, maka Indonesia, Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir Piala AFF U-19 Grup A.

Meski memiliki selisih gol paling baik, bukan berarti Garuda Nusantara otomatis lolos ke semifinal.

BACA JUGA : Timnas Laos dan Malaysia Pastikan Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Sebab dalam aturan Piala AFF U-19 2022, dua atau lebih tim yang memiliki poin sama di klasemen akhir akan dibuatkan klasemen mini.

Klasemen yang hanya melibatkan dua atau lebih tim yang memiliki poin sama.

Pertama menghitung head to head, lalu selisih gol dan jumlah gol yang dicetak dalam pertandingan di antara tim pada klasemen mini itu.

Indonesia bermain imbang 0-0 lawan Vietnam dan Thailand. Head to head akan sama dan diabaikan jika laga Vietnam vs Thailand juga berakhir 0-0.

Andai itu terjadi, maka Indonesia finis sebagai juara grup karena memiliki selisih gol lebih baik, disusul Vietnam sebagai runner up. Sementara Thailand ketiga.

BACA JUGA : Klasemen Piala AFF U-19 Usai Indonesia Libas Filipina, Garuda Nusantara Bisa Juara Grup A

Namun jika laga Vietnam vs Thailand berakhir dengan gol, misalnya skor 1-1, 2-2 dan seterusnya, maka Indonesia yang finis ketiga alias gagal ke semifinal.

Sebab perhitungan jumlah gol yang dicetak akan digunakan pada klasemen mini setelah head to head dan selisih gol sama.

Dengan demikian, Vietnam dan Thailand sangat mungkin ‘main mata’ untuk menyingkirkan Indonesia di Piala AFF U-19. (fat/pojoksatu)