Piala AFF U-19 2022 : Indonesia vs Filipina Tanpa Marselino Ferdinan, Siapa Penggantinya?

Pelatih Timnas Thailand U-19, Salvador Valero Garcia dan Pelatih Indonesia U-19, Shin Tae Yong foto bersama sebelum laga Indonesia vs Thailand di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (6/7) malam. Foto: pssi
Pelatih Timnas Thailand U-19, Salvador Valero Garcia dan Pelatih Indonesia U-19, Shin Tae Yong foto bersama sebelum laga Indonesia vs Thailand di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (6/7) malam. Foto: pssi

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga keempat di Grup A Piala AFF U-19 2022 menghadapi Filipina pada Jumat (8/7) malam. Kapten Garuda Nusantara, Marselino Ferdinan dipastikan absen.


Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong sendiri belum mau banyak bicara soal gambaran komposisi pemain yang akan diturunkan pada matchday 4 Piala AFF U-19 2022 itu.

Pelatih asal Korea itu fokus pada pemulihan kondisi pemain, usai bertarung sengit lawan Thailand, Rabu malam kemarin.

“Untuk lawan Filipina, mungkin kalian bisa saksikan langsung. Fokus kami pemulihan terlebih dahulu,” katanya, setelah pertandingan kontra Thailand.


Shin Tae Yong juga sedang memikirkan bagaimana bermain tanpa Marselino Ferdinan yang mengalami cedera saat imbang 0-0 lawan Thailand, Rabu (6/7) malam.

Menurutnya, tidak mudah untuk menceritakan siapa yang jadi penggantik Marselino dalam sesi jumpa pers.

BACA JUGA : Klasemen Sementara Piala AFF U-19 2022, Pertahanan Indonesia Keren

Dia tak mau lawan mengetahui perubahan strategi yang akan dilakukannya.

“Untuk lawan Filipina, akan kami pikirkan. Sebagai pelatih kepala, itu tidak gampang untuk ucapkan siapa pengganti Marselino,” tutur STY.

Tanpa Marselino, performa Indonesia memang menurun drastis di babak kedua saat menghadapi Thailand.

Dari awalnya mampu mengurung pertahanan tim Gajah Perang, Indonesia kemudian balik dikurung selama 45 menit babak kedua.

BACA JUGA : Cahya Supriadi Disanjung Puji Pelatih Thailand, Kiper Indonesia U-19 Merendah

“Selanjutnya, saya akan memaksimalkan taktik untuk pertandingan berikutnya, siapa penggantinya (Marselino, red) saya tidak bisa jawab,” tandasnya.

Timnas Indonesia U-19 sendiri menargetkan kemenangan lawan Filipina besok malam untuk menjaga asa lolos.

Bukan hanya meraih tiga poin, Garuda Nusantara juga diharapkan menang telak.

Sebab perhitungan selisih gol bisa jadi penentu tim yang lolos ke semifinal jika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama di klasemen akhir Piala AFF U-19 2022 ini.

BACA JUGA : Sesama Suporter Timnas Indonesia Bentrok, Usai Laga Indonesia vs Thailand

Usai laga imbang kontra Thailand, Indonesia saat ini menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup A dengan 5 poin. Selisih gol Ronaldo Kwateh cum suis sejauh ini adalah 7-0.

Puncak klasemen Grup A sementara diduduki Vietnam dengan 7 poin dan selisih gol 8-1.

Disusul Thailand posisi kedua yang juga mengoleksi 7 poin, selisih golnya adalah 4-0.

Myanmar ada di peringkat ketiga dengan 6 poin dengan selisih gol 10-4.

Adapun Filipina dan Brunei Darussalam di peringkat kelima dan keenam, belum mengoleksi satupun poin dan sudah dipastikan gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. (jpnn/fat/pojoksatu)