Misi Menang Lawan Filipina dan Myanmar, Timnas Indonesia Harus Kehilangan 2 Pemain Ini

Timnas Indonesia U-23. Foto: Instagram pssi
Timnas Indonesia U-23. Foto: Instagram pssi

POJOKSATU.ID, VIETNAM – Setelah melakoni dua pertandingan penyisihan Grup A Sea Games 2021, Timnas Indonesia U-23 kini mengusung misi wajib menang dalam dua laga terakhir. Yaitu lawan Filipina dan Myanmar.


Sayangnya, Timnas Garuda Muda tidak akan diperkuat dua pemain penting pada dua laga krusial itu. Yakni Saddil Ramdani dan Elkan Baggott.

BACA JUGA : Klasemen Medali Sea Games 2021 usai Nadya Nakhoir Raih Medali Pertama Indonesia

Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Shin Tae Yong menargetkan kemenangan lawan Filipina dan Myanmar agar bisa lolos ke babak semifinal, berapa pun skornya.

“Pemain harus memikirkan kemenangan. Kami tak terlalu mementingkan selisih gol,” ujar Shin Tae Yong, dalam keterangan resmi PSSI, dikutip Pojoksatu.id dari Jpnn.com, Selasa (10/5).


Usai mengalahkan Timor Leste 4-1, Selasa malam, Indonesia masih tertahan di peringkat empat klasemen sementara Grup A cabor sepak bola putra Sea Games 2021.

Garuda Muda tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen sementara Myanmar yang mengoleksi 6 poin dari dua laga.

Posisi kedua ditempati Filipina dengan 4 poin dari 3 laga. Disusul Vietnam dengan koleksi poin sama namun kalah selisih gol dari The Azkals.

Di SEA Games 2021, jika ada dua tim yang memiliki poin serupa, maka posisi ditentukan selisih gol.

Andai masih identik, maka agresivitas atau jumlah memasukkan gol akan menjadi acuan.

Menurut Shin, yang terpenting saat ini adalah merebut tiga poin terlebih dahulu. Akan tetapi, dia pun mengingatkan bahwa hasil positif hanya bisa diraih jika skuadnya memperbaiki performa.

Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut masih belum puas dengan penampilan anak-anak asuhnya saat kalah 0-3 dari Vietnam, Jumat (6/5) dan ketika menundukkan Timor Leste 4-1, Selasa (10/5).

“Kami harus bekerja keras meningkatkan performa. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk dua laga itu,” tutur Shin.

BACA JUGA : Klasemen Grup A Sea Games 2021 Usai Indonesia Libas Timor Leste

Meski demikian, timnas U-23 sepertinya dalam kondisi timpang menjelang pertandingan melawan Filipina karena Shin menyebut, pemain sayap Saddil Ramdani harus kembali ke Malaysia untuk memperkuat klubnya, Sabah FC.

Sementara bek tengah yang merumput di klub Inggris, Ipswich Town, Elkan Baggott pun belum dapat dipastikan kapan bisa bergabung dengan skuad SEA Games 2021.

“Saddil akan berangkat ke Malaysia dan kembali ke SEA Games setelah jadwalnya di sana selesai. Untuk Elkan, saya belum bisa memastikan kapan dia sampai di Vietnam,” kata Shin.

Jika Saddil dan Elkan tak ada di tim, maka Indonesia hanya akan diperkuat 18 pemain saat melawan Filipina.

Untuk posisi penyerang sayap, Shin Tae Yong masih punya Egy Maulana Vikri.

Sementara di posisi bek, M Ridho sejauh ini cukup mampu mengemban tugas sebagai tandem Fachrudin Aryanto di jantung pertahanan Garuda Muda.

Namun jika Baggott bisa bergabung secepatnya, tentu akan jadi keuntungan bagi Indonesia dan STY punya banyak opsi di lini belakang. (jpnn/fat/pojoksatu)