Eks Pemain Australia Bilang Kemenangan 18-0 Atas Indonesia Tidak Perlu Dibanggakan, Ini Lawan Tim Seperti Apa

Para pemain Timnas Putri Indonesia berburu foto bersama penyerang Australia, Samantha Kerr yang mencetak lima gol dalam laga yang berakhir 18-0 untuk Matildas.
Para pemain Timnas Putri Indonesia berburu foto bersama penyerang Australia, Samantha Kerr yang mencetak lima gol dalam laga yang berakhir 18-0 untuk Matildas, Jumat (21/1/2022).

Termasuk Samantha Kerr yang mencetak lima gol pada laga itu. Emily van Egmond pencetak empat gol.


Pemain senior lain seperti Alanna Kennedy dan Clare Polkinghorne juga dimainkan sejak awal.

BACA JUGA: Usai Kritik Shin Tae Yong dan Timnas Indonesia, Haruna Soemitro dan Keluarga Diteror

Georgia Yeoman-Dale menilai Tony Gustavsson tak seharusnya menurunkan kekuatan terbaik karena level Australia sangat jauh berada di atas Indonesia.


“Saya sangat kecewa. Hasil ini tentu fantastis karena kita mencetak banyak gol. Namun, kemenangan itu didapat dari tim seperti apa?,” kata Georgia dikutip dari situ ABC News.

“Mereka yang bermain sudah mengantongi banyak penampilan dan punya pengalaman di level tertinggi,” ucap Georgia.

“Padahal, kita memiliki kesempatan untuk memainkan banyak pemain muda. Memang ada beberapa pemain muda yang diturunkan, tapi bagaimana dengan Cortnee Vine (0 caps) dan Remy Siemsen (2)?,” tutur Georgia.

Pertandingan Timnas Indonesia Putri vs Australia di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1/2022). Foto: Twitter @afcasiancup
Pertandingan Timnas Indonesia Putri vs Australia di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1/2022). Foto: Twitter @afcasiancup

Sementara itu, Tony Gustavsson memberi penjelasan mengenai pilihannya dalam starting XI Australia vs Indonesia.

Gustavsson mengaku tampil dengan kekuatan terbaik karena laga melawan Indonesia adalah pertandingan pertama mereka di Piala Asia Wanita 2022 ini.

Selain itu, sejak awal Gustavsson memang pantang meremehkan timnas Indonesia Putri meski secara peringkat dan kualitas skuat jauh di bawah mereka.

BACA JUGA: Klasemen Piala Asia Wanita Usai Indonesia Dibantai Australia 18-0, Garuda Pertiwi Masih Bisa Lolos?

“Saya pikir ada banyak alasan terkait pemilihan skuad. Salah satunya adalah kami harus memulai turnamen dengan baik,” kata Gustavsson.

“Saya pernah berada di situasi sama sebelumnya, yakni melawan tim berperingkat lebih rendah,” tutur Gustavsson.

“Kami harus memperlakukan semua tim dengan rasa hormat dan berpegang kepada nilai-nilai dan standar kami di setiap pertandingan,” katanya.(fat/pojoksatu)