Piala Afrika 2021: Guinea Ekuator Rebut Tiket Terakhir Babak 16 Besar

Gelandang tim nasional Guinea Ekuator Pablo Ganet mencetak gol kemenangan timnya atas Sierra Leone dalam pertandingan penyisihan Grup E Piala Afrika 2021 di Staidon Limbe, Limbe, Kamerun, Kamis (20/1/2022) waktu setempat.
Gelandang tim nasional Guinea Ekuator Pablo Ganet mencetak gol kemenangan timnya atas Sierra Leone dalam pertandingan penyisihan Grup E Piala Afrika 2021 di Staidon Limbe, Limbe, Kamerun, Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Foto:twitter @CAF_online

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Tim nasional Guinea Ekuator meraih tiket terakhir babak 16 besar Piala Afrika 2021, usai menang tipis 1-0 atas Sierra Leone dalam laga pemungkas penyisihan Grup E di Stadion Limbe, Kamerun, Kamis waktu setempat, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB.


Satu-satunya gol pada laga ini dicetak Pablo Ganet pada menit ke-38 mengakhiri situasi bola mati yang diperoleh di sisi kiri pertahanan Sierra Leone.

BACA JUGA: Hari Pertama Piala Asia Wanita 2022: Tuan Rumah India Imbang, China Hancurkan Taiwan

Sierra Leone, yang menciptakan kejutan di dua laga awal dengan menahan imbang juara bertahan Aljazair dan tim kuat lainnya Pantai Gading, sempat memperoleh kesempatan untuk membalas di menit-menit akhir saat mendapat hadiah tendangan penalti.

Sayangnya, Kei Kamara yang menjadi algojo gagal memanfaatkan peluang itu ketika eksekusi penaltinya dimentahkan oleh kiper Jesus Owono.


Sierra Leone juga harus menutup pertandingan hanya dengan sepuluh pemain lantaran penyerang sayap Kwame Quee menerima kartu kuning kedua pada menit ke-90.

Kemenangan ini memastikan Guinea Ekuator melangkah ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup E dengan koleksi enam poin bersama juara grup Pantai Gading, demikian catatan situs resmi CAF.