Niatnya Menginspirasi Anak Muda, Patung Ronaldo di India Malah Dikecam

Patung Cristiano Ronaldo di Goa, India. Foto: twitter
Patung Cristiano Ronaldo di Goa, India. Foto: twitter

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Patung bintang Manchester United Cristiano Ronaldo di negara bagian Goa, India, memicu reaksi keras di media sosial.


Pembangunan patung pemenang Ballon d’Or lima kali itu sengaja dilakukan pemerintah Goa, India untuk menginspirasi anak muda setempat agar menggeluti dunia sepak bola.

BACA JUGA: Bukan Tidak Hormati Indonesia, Ini Alasan Pelatih Thailand Ganti Kiper pada Final Piala AFF 2020

Alih-alih jadi inspirasi, patung tersebut malah dikecam.

Selain karena warga setempat menganggap lebih baik patung pesepak bola India yang dibuat ketimbang Ronaldo.


Apalagi superstar Portugal itu dinilai memiliki masa lalu yang buruk bagi anak muda.

Pada tahun 2009, seorang wanita Amerika menuduhnya memperkosanya di sebuah hotel di Las Vegas, sebuah tuduhan yang dibantah oleh CR7.

Pejabat setempat mengklaim bahwa patung di kota Calangute, yang terletak hampir 15 kilometer dari ibu kota negara bagian Goa, Panaji, dipasang untuk memotivasi anak-anak muda menekuni sepak bola sebagai karier.

Dikutip Pojoksatu.id dari Sputnik, pengguna Twitter tidak terkesan dengan penjelasan yang diberikan oleh pejabat.

Ronaldo, yang berkebangsaan Portugal, mengingatkan orang-orang tentang masa lalu kolonial negara itu karena Goa pernah diperintah oleh Portugal.

Baru menjadi bagian dari India yang merdeka setelah tentara negara itu menyerbu pada Desember 1961.

Sementara itu, yang lain berpendapat bahwa alih-alih memasang patung Ronaldo, pihak berwenang seharusnya meluncurkan patung kapten tim India Sunil Chhetri atau legenda sepakbola lainnya di negara itu.

Meskipun mendapat reaksi keras, penyerang Manchester United, yang dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa, tetap sangat populer di seluruh dunia, termasuk India. (fat/pojoksatu)