Hasil Semifinal Piala AFF 2020, Vietnam vs Thailand: Chanathip Cetak Brace, Satu Kaki Gajah Perang Sudah di Final

Chanathip Songkrasin mencetak dua gol pada laga Vietnam vs Thailand dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020, di Stadion Nasional Singapura, Kamis (23/12/2021) malam. Foto:TWitter @affsuzukicup
Chanathip Songkrasin mencetak dua gol pada laga Vietnam vs Thailand dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020, di Stadion Nasional Singapura, Kamis (23/12/2021) malam. Foto:TWitter @affsuzukicup

POJOKSATU.ID, SINGAPURA – Timnas Thailand meraih kemenangan meyakinkan atas Vietnam pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Pada laga di Stadion Nasional Singapura, Kamis (23/12/2021) malam WIB itu, Tim Gajah Perang hajar The Golden Star dengan skor 2-0.


Vietnam yang memiliki pertahanan terbaik di babak penyisihan, tidak pernah kebobolan dalam empat laga, kali ini jadi bulan-bulanan pemain Thailand.

Thailand mendominasi laga dan banyak menciptakan peluang.


Kapten Thailand, Chanathip Songkrasin menjadi bintang pada laga ini dengan mencetak dua gol (barce).

Pemain klub Liga Jepang, Hokkaido Consadole Sapporo itu membuka keunggulan Tim Gajah Perang pada menit ke-14.

Lewat serangan balik cepat Chanathip Songkrasin berhasil menyontek bola untuk menjebol gawang Vietnam. 1-0 untuk Thailand.

Ini adalah gol pertama yang bersarang ke gawang Nguyen Manh Tran sepanjang perhelatan AFF Suzuki Cup 2020 sejauh ini.

Vietnam berusaha membalas, namun pertahanan Thailand sangat rapat.

Malah Chanathip Songkrasin mempu mencetak gol keduanya pada laga ini di menit ke-23.

Kembali lewat serangan balik dan para pemain Thailand memeragakan kerja sama apik. Umpan satu dua sentuhan diakhiri dengan penyelesaian sempurna dari Chanatip. Thailand memimpin 2-0.

Vietnam sendiri mendapat sejumlah peluang bagus. Termasuk tendangan bebas Quang Hai Nguyen yang hanya mengenai mistar gawang Thailand.

Di babak kedua, Vietnam lebih agresif menggempur pertahanan Thailand.

Tapi solidnya duet Kritsada Kaman dan Manuel Bihr di jantung pertahanan Gajah Perang membuat Golden Star tak bisa mencetak gol.

Pada menit ke-85, Chanatip mendapat kesempatan emas untuk mencetak hattrick pada laga ini lewat eksekusi penalti.

Tapi tendangannya yang mengarah ke tengah, bisa dibaca Tran.

Alhasil hingga pertandingan Vietnam vs Thailand berakhir skor tetap 2-0 untuk Gajah Perang.

Hasil ini mebuat satu kaki Thailand sudah di final Piala AFF 2020. Sebab di leg kedua, mereka hanya perlu menghindari kekalahan lebih dari satu gol dari Vietnam, Minggu (26/12/2021) mendatang. (fat/pojoksatu)