Bantai Malaysia di Laga Pamungkas, Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF 2020 sebagai Juara Grup B

Pertandingan Indonesia vs Malaysia di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB, berakhir dengan skor 4-1 untuk Timnas Garuda. Foto: Twitter @affsuzukicup
Pertandingan Indonesia vs Malaysia di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB, berakhir dengan skor 4-1 untuk Timnas Garuda. Foto: Twitter @affsuzukicup

POJOKSATU.ID, SINGAPURA – Timnas Indonesia lolos ke semifinal AFF Suzuki Cup 2020, setelah memenangi laga pamungkas kontra Malaysia, Minggu (19/12/2021) malam WIB. Skuat Garuda lolos sebagai juara grup, sementara Vietnam harus puas jadi runner up di klasemen akhir Piala AFF 2020 Grup B.


Adapun Malaysia yang notabene finalis Piala AFF edisi sebelumnya, kali ini tersingkir di penyisihan grup, setelah hanya mampu finis ketiga di klasemen akhir Piala AFF 2020.

Di klasemen akhir Piala AFF Grup B, Indonesia finis pertama dengan torehan 11 poin, sama dengan Vietnam yang di laga pamungkas menang 4-0 atas Kamboja.


Selisih gol Indonesia dan Vietnam juga sama (+9). Namun, Indonesia berhak jadi juara grup karena mencetak lebih banyak gol 13-4, berbanding 9-0 milik Vietnam.

Diberitakan sebelumnya, pada laga Indonesia vs Malaysia, Skuat Garuda sempat tertinggal lebih dulu pada menit ke-13.

Kesalahan Irfan Jaya menghalau bola dimaksimalkan Kogilesawaran Raj dengan sepakan dari luar kotak 16 yang tidak bisa dijangkau Nadeo Argawinata. Malaysia unggul 1-0.

Indonesia menyamakan kedudukan pada menit ke-36 lewat sepakan Irfan Jaya, menyambut umpan manis Witan Sulaeman. Skor imbang 1-1.

Dua menit sebelum turun minum, Irfan Jaya mencetak gol keduanya sekaligus membawa Indonesia berbalik unggul 2-1.

Kali ini berkat kerja keras Pratama Arhan yang merangsek masuk ke kotak penalti Harimau Malaya.
Sepakannya sempat membentur pemain belakang Malaysia, tapi bola liar dengan mudah diceploskan Irfan Jaya ke gawang Fahmi.

Timnas Garuda unggul 2-1 dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, STY memasukkan Elkan Baggott menggantikan Ramai Rumakiek.

Pada menit ke-50, Indonesia menambah keunggulan. Kali ini Pratama Arhan benar-benar bisa mencetak gol jarak jauh.

Menerima bola sodoran Irfan jaya, Arhan mengecoh satu pemain lawan lalu melepaskan tendangan keras yang tak bisa dibendung Fahmi. Indonesia unggul 3-1.

Pada menit ke-82, Baggott membawa Indonesia unggul 4-1. Memanfaatkan umpan sepak pojok Evan Dimas, Baggott memnangi duel udara untuk menjebol gawang Fahmi.

Keunggulan 4-1 untuk Indonesia ini bertahan hingga laga Malaysia vs Indonesia berakhir. Timnas Garuda pun lolos ke semifinal sebagai juara Grup B.

Di babak semifinal akan menghadapi runner up Grup A, Singapura. Sementara Vietnam akan menghadapi Thailand. (fat/pojoksatu)