Indonesia Imbangi Vietnam, Shin Tae Yong Sekali Lagi Buktikan Masih di Atas Park Hang Seo

Pelatih Indonesia, Shin Tae Yong dan Pelatih Vietnam, Park Hang Seo.
Pelatih Indonesia, Shin Tae Yong dan Pelatih Vietnam, Park Hang Seo.

Vietnam juga tampil menggila dalam dua laga awal Piala AFF 2020. Nguyen Công Phuong cum suis menghantam Laos 2-0 dan Malaysia 3-0.


Namun, kemarin malam, Rabu (15/12), daya dobrak penggawa Vietnam bisa diredam oleh timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong.

BACA JUGA: Sergio Aguero Resmi Pensiun, Ini 3 Catatan Mengagumkan Menantu Maradona

The Golden Star memang bisa melepaskan 21 tembakan. Namun, hanya satu yang tepat sasaran. Hal itu menandakan pertahanan Garuda sulit ditembus.

Skema lima bek sejajar yang digalang Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan benar-benar menyulitkan Vietnam.


Pelatih Indonesia Shin Tae Yong ibarat batu kerikil bagi Hang Seo yang terkenal garang ketika tim asuhannya bertemu negara Asean.

Pertemuan Indonesia vs Vietnam kemarin malam merupakan bentrok ke-12 kali Shin Tae Yong lawan Park Hang Seo.

Hasilnya kini adalah STY 8 kali menang, 3 kali seri dan dua kali kalah.

Andai menilik lebih dalam, Shin Tae Yong memang sudah seperti ganjalan bagi Park Hang Seo.

Jauh sebelum keduanya berkelana ke negara Asean, karier kepelatihan Shin Tae Yong dan Park Hang Seo saling beririsan di Korea Selatan.

Park Hang Seo pernah menjadi asisten pelatih Guus Hiddink di timnas Korea Selatan pada ajang Piala Dunia 2002.

Namun, sejak lepas dari jabatan itu, Hang Seo lebih banyak menangani klub-klub medioker Korea. Hang Seo, bahkan belum berkesempatan melatih tim senior Korea Selatan.

Bandingkan dengan Shin Tae Yong. Walau lebih muda 13 tahun dari Park Hang Seo, Shin diamanahi melatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018. Pelatih 51 tahun itu, bahkan mengejutkan dunia ketika Korsel mampu mengalahkan juara bertahan Piala Dunia, yakni Jerman dengan skor 2-1.

Lengkap sudah rasanya bahwa Shin Tae Yong memang seperti batu kerikil dan ganjalan bagi Park Hang Seo. (jpnn/fat/pojoksatu)