Bagaimana Jika Milan dan Atletico Finis dengan Poin Sama? Gol Tandang Tidak Berpengaruh

AC Milan mengalahkan Atletico Madrid 1-0 di Wanda Metropolitano, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB.
AC Milan mengalahkan Atletico Madrid 1-0 di Wanda Metropolitano, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB.

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Dari delapan laga matchday 6 Grup A sampai D nanti malam atau Rabu (8/12/2021) dini hari WIB, persaingan di Grup B paling menarik disimak. Bagaimana penentuan tim yang lolos ke 16 besar jika dua atau lebih tim memiliki poin sama di klasemen akhir?


Sbeelum matchday 6, Liverpool sudah dipastikan lolos sebagai juara Grup B (15 poin). Lalu Porto (5), AC Milan (4) dan Atletico Madrid (4) akan berebut status runner up.

BACA JUGA: Bursa Taruhan dan Prediksi Skor Liga Champions Malam Ini: Milan vs Liverpool dan Madrid vs Inter

Sesuai jadwal Liga Champions malam ini, Milan akan menjamu Liverpool, sementara Porto menghadapi Atletico Madrid di Estadio do Dragao.

Dari tiga tim di atas, Porto jelas paling berpeluang jadi pendamping Liverpool. Wakil Portugal itu hanya perlu mengalahkan Atletico untuk lolos, apapun hasil Milan vs Liverpool.


Beda dengan Atletico, kalaupun bisa menaklukkan Porto, mereka masih harus berharap Milan gagal mengalahkan Liverpool.

Jika Atletico dan Milan sama-sama menang, maka poin kedua tim ini sama, 7 poin. Siapa yang lolos?

Untuk membedakan dua tim yang memiliki poin sama di klasemen akhir. Melalui empat fase.

Pertama, poin head to head (gol tandang diabaikan). Kemudian selisih gol dalam dua kali pertemuan kedua tim, lalu jumlah gol yang dicetak.

Tiga fase di atas menunjukkan Milan dan Atletico sama. Keduanya saling mengalahkan. Atletico menang 2-1 di San Siro, sementara Milan menang 1-0 di Wanda Metropolitano.

Selisih gol sama 2-2 dan jumlah gol yang dicetak sepadan, 2 gol.

Maka untuk menentukan tim yang lolos adalah selisih gol keseluruhan di klasemen akhir grup. Jika masih sama, dilihat tim mana yang mencetak gol lebih banyak.

Jika masih sama juga, nilai koefisien UEFA akan digunakan untuk membedakan kedua tim.

Sekadar diketahui, untuk pertama kalinya sejak 1965, pengabaian gol tandang ini diberlakukan. Juga akan diterapkan pada babak sistem gugur.

Jika pertandingan leg kedua hasilnya tetap imbang (selisih gol sama), maka langsung perpanjangan waktu dan adu penalti jika diperlukan.(fat/pojoksatu)

Klasemen Grup B sebelum matchday 6