Kualifikasi Rasa Knock Out, Ini Syarat Indonesia U-23 Lolos ke Piala AFC U-23

Pertandingan Indonesia vs Australia. Ft/dok.pssi
Pertandingan Indonesia vs Australia. Ft/dok.pssi

POJOKSATU.ID, TAJIKISTAN – Laga kualifikasi Piala AFC U-23 2022 Grup G yang tengah dijalani Timnas Indonesia U-23, terasa seperti pertandingan fase knock out.


Sebab kontestan Grup G hanya dua negara. Indonesia dan Australia.

BACA JUGA: Shin Tae Yong Ungkap Nyali Pemain Indonesia U-23 Ciut Duluan, Pantas Kalah dari Australia

Berbeda dengan grup lain di Kualifikasi Piala AFC U-23 ini, yang dihuni tiga atau lebih negara, Grup G mendapat perlakuan khusus dalam penentuan tim yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tahun depan.

Jika di grup lain, juara grup lolos otomatis dan perolehan poin runner up akan diadu dengan tim peringkat kedua grup lain, maka hal itu tidak berlaku di Grup G.


Hanya juara grup yang lolos, sementara runner up otomatis tersingkir. Itu karena hanya dua kontestannya.

Dengan kekalahan 2-3 Indonesia U-23 dari Australia U-23 pada Selasa (26/10/2021) malam, otomatis hanya satu cara yang bisa ditempuh Garuda Muda jika ingin tampil di Uzbekistan tahun depan.

Yaitu menang secara head to head atas tim Negeri Kanguru itu.

Artinya, jika ingin lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022, maka Indonesia harus menang dengan selisih dua gol pada pertemuan kedua lawan Australia, Jumat (29/10/2021) malam WIB.

Apabila di laga kedua nanti Indonesia hanya menang dengan selisih satu gol, maka akan langsung dilanjutkan dengan adu penalti.

“Kalau Indonesia di laga kedua menang dengan selisih gol lebih dari satu, maka lolos sebagai juara grup ini,” ucap Media Officer Timnas Indonesia Bandung Saputra, dikutip dari Jpnn.com.

“Tetapi kalau menang dengan selisih satu gol saja, maka langsung adu penalti, tak ada perpanjangan waktu. Grup ini cuma diambil juara grup saja yang lolos,” tuturnya.

Jadi, Witan Sulaeman cum suis wajib memenangkan pertemuan kedua nanti. Minimal bisa mengajak Australia U-23 untuk adu penalti. (jpnn/fat/pojoksatu)