Ligue 1 Prancis Dipangkas Jadi 18 Klub, Liga Italia Siap-siap Mengikuti

Lionel Messi diganti Achraf Hakimi di pertengahan babak kedua PSG vs Lyon, Senin 20 September 2021 lalu.
Lionel Messi diganti Achraf Hakimi di pertengahan babak kedua PSG vs Lyon, Senin 20 September 2021 lalu.

POJOKSATU.ID, PARIS – Operator Ligue 1 Prancis, LFP mengumumkan pengurangan kontestan kompetisi kasta tertinggi Prancis itu, Rabu (13/10/2021). Pengumuman ini menarik perhatian liga domestik negara Eropa lain yang mungkin akan mengikutinya.


Dikutip Pojoksatu.id dari Football Italia, Ligue 1 adalah yang pertama dari lima Liga Eropa teratas yang mengumumkan akan mengurangi jumlah klub di divisi utama dari 20 tim menjadi 18.

BACA JUGA: Real Madrid dengan Senang Hati Jual Rugi Pemain Rp560 Miliar Ini ke Newcastle

Jadwal pertandingan yang semakin padat dan keuangan yang ketat telah mendorong beberapa liga utama Eropa untuk mempertimbangkan kembali struktur mereka saat ini.

Ligue 1 di Prancis menjadi yang pertama mengambil tindakan resmi, setelah LFP hari ini mengumumkan bahwa pengurangan kontestan itu mulai berlaku musim 2022/23.


Konsepnya, akhir musim ini akan ada empat tim Ligue 1 terdegradasi ke Ligue 2. Sementara, hanya dua tim yang promosi dari Ligue 2.

Itu akan membuat jumlah kontestasn Ligue 1 Prancis musim depan hanya 18 klub.

Dalam laporan Football Italia, operator Serie A juga mengadakan pertemuan untuk membahas rencana serupa dan mempresentasikan tim dengan berkas tentang dampak keuangan dari langkah tersebut.

Kompetisi tertinggi Liga Italia (Serie A) memiliki 16 atau 18 klub selama bertahun-tahun, hingga berkembang menjadi 20 klub pada musim 2004/05.

Itu sebagian besar disebabkan oleh kekacauan atas tuntutan Catania terhadap degradasi mereka, yang terkait dengan konsekuensi hukum lainnya dari ketidakberesan keuangan Napoli dan Cosenza.(fat/pojoksatu)