Sukses Perjuangkan Izin Liga 1 dan 2, Menpora Kini Menuntut Hal Ini Kepada Suporter

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menyerahkan izin Liga 1 dan Liga 2 kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Senin (31/5/2021). ft/kemenpora
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menpora Zainudin Amali. ft/kemenpora

Selain pemilik klub dan suporter, PSSI dan PT LIB sebagai penyelenggara juga harus memiliki komitmen yang sama untuk tegas dalam menerapkan prokes secara ketat dan disiplin.


“Perjalanan panjang sampai bisa keluar izin ini, itu butuh effort yang luar biasa. Jangan sampai ada di antara kita yang tidak komit, akhirnya membuat perjuangan panjang kita ini menjadi sia-sia. Sekarang kita diberi izin untuk diuji coba prokesnya. Jadi tolong ini dicatat betul sekarang ini untuk uji coba prokesnya,” harapnya.

Di samping itu, dari sisi pemerintah, Menpora Amali menegaskan bahwa pemerintah sangat berkomitmen bagaimana agar kompetisi sepak bola kembali bergulir.

Upaya Menpora Amali untuk turun tangan mengurus izin menjadi bukti bahwa pemerintah berkomitmen dan serius sehingga sepak bola bisa jalan dan masyarakat memiliki tontonan dan hiburan di tengah pandemi.


Di sisi lain, dalam kompetisi ini, pemerintah punya kepentingan agar bisa segera membentuk tim nasional khususnya untuk U-20 karena tahun 2023 Indonesia akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U- 20.

“Saya tidak ingin dan PSSI pasti tidak ingin sebagai penanggung jawab tim nasional dan seluruhnya. Kita hanya menjadi penyelenggara, sementara tim kita di babak awal sudah tersingkir. Kalau tidak ada kompetisi pasti akan sulit kita untuk mewujudkan keinginan melangkah ke babak-babak berikutnya,” pungkasnya.

Menpora Amali menilai gelaran Piala Menpora yang sukses pada Maret 2021 lalu menjadi modal terkait penerapan prokes meskipun akan lebih diperketat lagi.

Namun, dia berharap kejadian-kejadian yang terjadi saat Piala Menpora lalu tidak terulang seperti ada selebrasi pemain meskipun sudah dilarang, euforia berlebihan suporter dan luapan kekecewaan suporter akibat timnya kalah.