Benarkah Lionel Messi Dongkrak Followers Instagram PSG Hingga 2 Kali Lipat? Ini Fakta Sebenarnya

Paris Saint-Germain (PSG) memperkenalkan pemain barunya, Lionel Messi, Rabu (11/8/2021).
Paris Saint-Germain (PSG) memperkenalkan pemain barunya, Lionel Messi, Rabu (11/8/2021).

POJOKSATU.ID, PARIS – Setelah Paris Saint-Germain meresmikan kedatangan Lionel Messi, Rabu (11/8/2021) dini hari WIB, pengikut atau followers instagram PSG dikabarkan meningkat tajam. Sampai dua kali lipat.


Yah, sehari setelah perekrutan Messi sejumlah media di Eropa memberitakan bahwa kedatangan Lionel Messi telah menggandakan followers Instagram PSG, dari 19,8 juta menjadi 40,2 juta dalam 24 jam.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Gaji Pemain PSG 2021, Lionel Messi Tertinggi

“Pengikut PSG sebelum dan sesudah menandatangani Messi. 20,2 juta pengikut dalam 24 jam. Leo Messi lebih besar dari klub,” keterangan gambar yang ramai beredar pada hari itu.

Tapi benarkah Messi mendongkrak followers instagram PSG?


Faktanya ternyata tidak demikian. Peningkatan pengikut IG PSG tak seperti yang diberitakan itu, seperti dikutip Pojoksatu.id dalam artikel yang diunggah Fullfact.org, Jumat (13/8/2021).

Dalam artikel itu disebutkan bahwa 24 jam setelah penandatanganan Lionel Messi diumumkan, pengikut Instagram klub meningkat ‘hanya’ sekitar 3 juta.

Fullfact menggunakan alat analisis sosial yang tersedia secara gratis menunjukkan bahwa dalam 24 jam sejak klub membuat pengumuman di Twitter pada 10 Agustus, jumlah pengikut Instagram PSG meningkat dari 41 juta menjadi 44 juta.

Jumlah ini terus bertambah sampai Jumat hari ini yang sudah menembus angka 46 juta followers.

Dalam 30 hari sebelumnya meningkat sekitar 9 juta. Jadi dalam 24 jam itu bukan naik 20 juta lebih, melaihkan hanya naik 3 juta followers.

Meski harus diakui bahwa penandatanganan Messi tentu saja telah mengangkat popularitas klub secara online, dampaknya tidak sedramatis yang dilaporkan.(fat/pojoksatu)