Louis van Gaal Kembali Latih Timnas Belanda, Sudah 3 Kali Tetap Merasa Terhormat

louis van gaal
Louis van Gaal.

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Federasi sepak bola Belanda, KNVB mengumumkan pada Rabu (4/8/2021) bahwa pelatih baru Timnas Belanda adalah Louis van Gaal.


Van Gaal menggantikan Frank de Boer yang mundur dari kursi pelatih Tim Oranye pada Juni lalu karena gagal total di Euro 2020.

BACA JUGA: PSSI Tetapkan Liga 1 Bergulir 20 Agustus, Respon PSIS Semarang Agak Pesimis

Pada turnamen terakbar antar Benua Biru pada Juni-Juli 2021 lalu itu, Belanda hanya sampai di babak 16 besar.

Memphis Depay dkk teringkir oleh Republik Ceko, kalah 0-2.


Bagi Louis van Gaal, ini adalah kali ketiga menukangi Timnas Belanda. Ia menyetujui kontrak hingga usai Piala Dunia 2022.

“Sepak bola Belanda selalu dekat dengan hati saya dan kepelatihan nasional dalam pandangan saya adalah posisi kunci untuk kemajuan lebih lanjut dari sepak bola kami,” kata Van Gaal.

Meski ini merupakan yang ketiga kalinya dipercaya melatih Timnas Belanda, namun Van Gaal tetap merasa terhormat.

“Saya menganggap suatu kehormatan bisa melatih timnas Belanda,” ujar mantan manajer Manchester United ini, dikutip Pojoksatu.id dari ESPN.

“Ada sedikit waktu untuk pertandingan kualifikasi berikutnya, yang sangat penting untuk partisipasi di Piala Dunia. Oleh karena itu, fokus pada penedekatan pemain. Bagaimanapun, saya ditunjuk untuk itu.”

“Senang bisa kembali ke Zeist. Saya sudah berbicara dengan sejumlah pemain dan staf teknis yang disatukan oleh KNVB. Saya sangat menantikan untuk menyelesaikan pekerjaan bersama.”

Langkah ini menandai kembalinya Van Gaal ke manajemen setelah ia mengumumkan pengunduran dirinya pada 2019.