Gareth Bale Kembali, Real Madrid Terbentur Aturan Baru Pendaftaran Pemain karena Brexit

Penyerang sayap Real Madrid, Gareth Bale.
Penyerang sayap Real Madrid, Gareth Bale.

POJOKSATU.ID, MADRID – Gareth Bale kembali ke Real Madrid setelah masa peminjaman di Tottenham Hotspur musim lalu. Kedatangan pemain Wales itu menghadirkan masalah bagi Los Blancos dalam pendaftaran pemain.


Real Madrid kini harus mencoret salah satu pemain kuncinya untuk didaftarkan di La Liga karena setiap tim tidak boleh memiliki lebih dari 3 pemain non-Uni Eropa.

BACA JUGA: 10 Rangkuman Berita Transfer Hari Ini, Minggu 18 Juli: Saga Transfer Varane dan Harry Kane

Bale kini masuk pemain non-UE sejak keputusan Brexit. Di mana semua pemain dari negara Britania Raya (termasuk Wales) dianggap pemain non-UE.

Selain Bale, Madrid masih memiliki tiga pemain asal Brasil (Non-UE). Antara lain Vinicius Junior, Rodrygo dan Eder Militao.

Maka salah satu dari mereka harus dicoret karena pembatasan dari federasi sepak bola Spanyol, hanya tiga pemain dari luar Uni Eropa yang diizinkan untuk didaftarkan di setiap skuad.

Sejak Inggris keluar dari UE (Brexit) setelah masa transisi hingga 31 Desember 2020, federasi sepak bola Spanyol membuat kesepakatan dengan klub-klub bahwa para pemain Inggris dapat mempertahankan status UE mereka hingga akhir musim lalu.

Namun menurut surat kabar Spanyol AS, karena putusan ini sekarang telah dicabut, pemain Britania Raya seperti Bale di Real Madrid dan Kieran Trippier di Atletico kini menyebabkan masalah pendaftaran pemain.

Beberapa pemain Amerika Selatan dikecualikan dari peraturan ini karena ada aturan bahwa mereka dapat memperoleh kewarganegaraan Spanyol setelah tinggal di negara itu setidaknya selama dua tahun.

Itu memungkinkan Casemiro (Real Madrid) dan Luis Suarez serta Angel Correa (Atletico Madrid) terdaftar sebagai anggota skuad Uni Eropa.

Pemain Real Madrid Vinicius, Rodrygo dan Militao masih menunggu permohonan mereka diterima oleh RFEF.

Real Madrid memiliki pemain non-Uni Eropa lainnya seperti Takefusa Kubo dan Reinier, tapi keduanya tampaknya akan kembali dipinjamkan sehingga bukan masalah.

Solusi lain yang bisa diambil Madrid adalah mengirim Rodrygo, yang bergabung dengan Los Blancos dengan nilai 45 juta euro pada 2019, ke tim cadangan yang bermain di divisi tiga Spanyol.

Dengan demikian, Rodrygo tetap bisa bermain di Liga Champions.

Untuk Atletico, karena minat Manchester United pada Trippier terus berlanjut sepanjang musim panas, laporan menunjukkan bahwa klub menunggu ini diselesaikan sebelum membuat keputusan tentang susunan skuad. (fat/pojoksatu)

Loading...