Top Skor Euro 2020 Jelang Semifinal: Ronaldo Jangan Senang Dulu, Duo Inggris Ini Siap Memburu

Harry Kane merayakan golnya ke gawang Ukraina pada perempat final Euro 2020 di Stadion Olimpico Roma, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. ft/twitter @EURO2020, ukraina vs inggris, harry kane
Harry Kane merayakan golnya ke gawang Ukraina pada perempat final Euro 2020 di Stadion Olimpico Roma, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. ft/twitter @EURO2020

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Meski negaranya (Portugal) sudah tersingkir sejak babak 16 besar, namun perolehan gol Cristiano Ronaldo di Euro 2020, belum terlampaui.


Kapten Timnas Portugal itu masih memuncaki daftar top skorer sementara Euro 2020 dengan 5 gol.

BACA JUGA: Sering Kritik Luke Shaw, Kini Mourinho Tak Malu Bilang: Lebih Baik, Lebih Baik dan Lebih Baik Lagi

Penyerang Republik Ceko, Patrick Schick juga mengoleksi jumlah gol sama, namun dalam penentuan peraih Sepatu Emas Piala Eropa, CR7 lebih berhak karena mencatat satu assist.

Adapun pemain dari empat semifinalis, masih tertinggal dari koleksi gol Ronaldo. Berjarak dua gol.


Tapi bukan berarti posisi Ronaldo di daftar top skor Euro 2020 tidak akan tergusur.

Apalagi duo penyerang Inggris, Raheem Sterling dan Harry Kane (sama-sama mengoleksi 3 gol) tengah on fire.

Terkhusus Kane, Kapten Inggris itu merasa menemukan kembali ketajamannya sejak membobol gawang Jerman di babak 16 besar.

Striker Tottenham Hotspur itu kemudian melanjutkan performa apiknya dengan mencetak dua gol saat Inggris melibas Ukraina 4-0 di perempat final.

Jika mampu menjaga performa apiknya, Kane berpotensi menggusur Ronaldo dan Schick di daftar pencetak gol terbanyak Euro 2020 saat ini.

Potensi ini muncul karena Kane masih akan melakoni satu laga lagi atau maksimal dua lagi dengan catatan Inggris harus melangkah ke final Euro 2020.

“Sebagai seorang striker ada saatnya Anda mendapatkan suplai bola dan terkadang tidak, hari ini jelas saya mendapatkan itu dari awal. Mendapatkan satu gol di awal babak kedua itu penting, saya hampir mencetak hat-trick,” kata Kane.

Nama lain yang bisa meramaikan bursa calon pencetak gol terbanyak Euro 2020 adalah rekan senegara Kane, Raheem Sterling.

Sayap asal klub Manchester City ini juga telah mengoleksi tiga gol sepanjang turnamen.

Nama lainnya yang juga berpotensi menjadi pencetak gol terbanyak adalah striker Denmark Kasper Dolberg yang juga sama telah mencetak tiga gol.(jpnn/fat/pojoksatu)

Daftar top skor sementara Euro 2020

5 Gol – Cristiano Ronaldo (Portugal), Patrik Schick (Ceko)
4 Gol – Romelu Lukaku (Belgia), Emil Forsberg (Swedia), Karim Benzema (Prancis)
3 Gol – Kasper Dolberg (Denmark), Xherdan Shaqiri (Swiss), Raheem Sterling (Inggris), Harry Kane (Inggris), Georginio Wijnaldum (Belanda), Robert Lewandowski (Polandia), dan Haris Seferovic (Swiss)