Sering Kritik Luke Shaw, Kini Mourinho Tak Malu Bilang: Lebih Baik, Lebih Baik dan Lebih Baik Lagi

Timnas Inggris. Insert: Luke Shaw dan Jose Mourinho. ft/ laman talksport
Timnas Inggris. Insert: Luke Shaw dan Jose Mourinho. ft/ dari laman talksport

POJOKSATU.ID, ROMA – Luke Shaw tampil gemilang ketika Inggris membantai Ukraina pada perempat final Euro 2020. Jose Mourinho yang selama ini kerap mengkritik bek Manchester United itu, mendadak memberikan pujian setinggi langit.


Ketika masih jadi manajer Man United, Mourinho kerap melontarkan cemoohan kepada Shaw. Bahkan di ajang Euro 2020 ini pun Mou masih mengkritik bek sayap 25 tahun itu.

BACA JUGA: Catat 2 Assist dan Bantu Inggris Clean Sheets Lagi, Shawberto Carlos Dihadiahi 8 dari Sang Legenda

Yaitu saat Inggris menghadapi Republik Ceko di laga terakhir fase grup Euro 2020.

Pelatih AS Roma itu mengkritik kualitas umpan silang Luke Shaw pada laga tersebut.


Tapi pada laga kontra Ukraina, Minggu (4/7/2021), Shaw membungkam mulut besar Mourinho dengan menyumbang dua assist lewat umpan silang untuk gol Harry Maguire dan Harry Kane.

Bukan hanya itu, Shaw juga berperan di balik sukses Inggris mencatat clean sheets dalam lima laga beruntun di Euro 2020, menyamai prestasi Spanyol di Euro 2012.

Dan usai pertandingan Ukraina vs Inggris, Mourinho mengubah menilainnya terhadap Luke Shaw. The Special One tidak malu memuji pemain yang kini dijuluki Shawberto Carlos itu.

“Luke Shaw bermain lebih baik dan lebih baik dan lebih baik lagi,” katanya kepada TalkSPORT.

Mourinho lebih lanjut menyampaikan analisanya terkait strategi Gareth Southgate. Ia berharap pelatih Timnas Inggris itu kembali menggunakan empat bek saat menghadapi Denmark di semifinal Rabu pekan depan.

“Saya pikir empat bek luar biasa, dengan yang dilakukan kedua gelandang tengah lebih dari cukup untuk mengendalikan Denmark secara ofensif. Dan kemudian Anda memiliki empat pemain untuk menentukan kreativitas permainan,” lanjut pelatih AS Roma itu.

Berbicara tentang empat pemain yang harus dipertimbangkan Southgate untuk bermain menyerang melawan Denmark, Mourinho menambahkan: “Raheem Sterling dan Kane jelas dan ada dua tempat menurut pendapat saya terbuka.”

“Gareth harus membuat keputusan terbaik.”

“Jadon Sancho bermain bagus, Phil Foden memulai turnamen, sama dengan Mason Mount. Jack Grealish – sepertinya dia bukan pemain favorit Gareth tapi setiap menit dia di lapangan berjalan dengan baik,” ujar Mourinho. (fat/pojoksatu)