Toni Kroos Umumkan Pensiun dari Timnas Jerman, Setelah Der Panzer Disingkirkan Inggris

Gelandang Timnas Jerman dan Real Madrid, Toni kroos, toni kroos pensiun
Gelandang Timnas Jerman dan Real Madrid, Toni kroos.

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Gelandang kreatif, Toni Kroos resmi pensiun dari Timnas Jerman. Pengumuman ini disampaik Kroos, Jumat (2/7/2021), hanya tiga hari setelah Der Panzer disingkirkan Inggris di babak 16 besar Euro 2020.


Kroos memutuskan mengakhiri karir internasional yang ia jalani sejak 2010 lalu.

BACA JUGA: Wasit Jerman Pimpin Laga Ukraina vs Inggris, Suporter Cium Aroma Balas Dendam

Melalui akun media sosialnya, pemain 31 tahun itu mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional.


Pemenang Piala Dunia 2014 itu mencatatkan 106 caps untuk negaranya, menyumbang 17 gol dan 19 assist.

Dengan pengunduran diri Kroos ini, dipastikan bahwa gelandang Real Madrid itu tidak akan tampil di Piala Dunia di Qatar tahun depan.

Dia mengatakan prioritasnya sekarang adalah fokus pada karir klubnya bersama Real Madrid dan menghabiskan waktu bersama keluarganya.

“Saya telah memainkan 106 pertandingan untuk Jerman,” tulis Kroos. “Tidak akan ada yang lain.”

“Saya berharap saya bisa berakhir dengan 109 caps dan satu gelar utama lagi, Piala Eropa, dan memberikan segalanya untuk mencoba dan mewujudkannya.”

“Saya telah lama memutuskan bahwa turnamen ini akan menjadi yang terakhir.”

“Saya sudah tahu untuk sementara bahwa saya tidak akan mengajukan diri untuk Qatar 2022, terutama karena saya ingin sepenuhnya fokus pada tujuan saya bersama Real Madrid di tahun-tahun mendatang. Waktu yang tidak dapat saya miliki dalam 11 tahun sebagai pemain internasional Jerman.”

“Selain itu, saya ingin lebih dekat dengan istri dan tiga anak saya sebagai suami dan ayah. Merupakan suatu kehormatan besar untuk bisa memakai baju ini dalam waktu yang lama.”

“Saya selalu melakukannya dengan bangga dan penuh semangat. Terima kasih kepada semua penggemar dan pendukung yang membantu saya dengan tepuk tangan dan sorakan mereka, tetapi juga kepada para kritikus yang memberi saya motivasi ekstra.”

“Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Jogi [Joachim] Low. Dia menjadikan saya pemain internasional Jerman dan pemenang Piala Dunia. Dia menaruh kepercayaannya pada saya, dan kami telah menulis kisah sukses yang panjang bersama.”

Toni Kroos menjalani debut di Timnas Jerman pada 2010 dan selalu dipanggul masuk skuat Der Panzer dalam lima turnamen internasional (Piala Dunia dan Piala Eropa).

Namun yang paling berkesan tentu saja ketika sukses mengantarkan Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil. (fat/pojoksatu)