Ronaldo Top Skor, Akurasi Bek Inggris 99 Persen, Duo Raja Tekel Sudah Pulang Kampung

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol penalti pada laga Portugal vs Prancis, di Puskas Arena (Budapest), Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. ft/twitter @EURO2020
Cristiano Ronaldo mencetak dua gol penalti pada laga Portugal vs Prancis, di Puskas Arena (Budapest), Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. ft/twitter @EURO2020

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Selain statistik negara, laman resmi UEFA juga memuat statistik pemain selama penyisihan grup Euro 2020. Ada beberapa kategori yang menarik disimak. Seperti top skor, pemain dengan umpan paling akurat hingga raja tekel.


Kapten sekaligus bomber Portugal, Cristiano Ronaldo untuk sementara memuncaki daftar top skor Euro 2020 dengan 5 gol (3 penalti).

BACAJUGA: Statistik Tim di Penyisihan Grup Euro 2020: Belanda Produktif, Jerman Akurat, Portugal Raja Penalti

Sumbangan dua golnya ke gawang Prancis pada laga pamungkas Grup F juga membuat Ronaldo menyamai rekor pencetak gol internasional terbanyak.


Rekor ini sebelumnya dipegang Ali Daei dengan 109 gol. Kini perhitungan jumlah gol legenda Iran itu sudah disamai Ronaldo.

Artinya butuh satu gol lagi bagi Ronaldo untuk memegang rekor ini sendirian. Dan itu sangat mungkin dipecahkan CR7, mengingat Portugal lolos ke 16 besar dan akan menghadapi Belgia.

Saingan Ronaldo dalam perburuan Sepatu Emas Euro 2020 sejauh ini adalah Emil Forsberg (Swedia), Romelu Lukaku (Belgia), Georginio Wijnaldum (Belanda) dan Patrik Schick (Republik Ceko). Keempatnya sama-sama mencetak tiga gol.

Robert Lewandowski juga mencetak tiga gol, tapi negaranya, Polandia sudah angkat koper dari turnamen ini setelah finis keempat di Grup E.

Untuk kategori pemain tercepat di penyisihan grup adalah bek sayap Italia Leonardo Spinazzola dan bek kanan Hungaria, Loic Nego. Kedua pemain ini pernah mencatat kecepatan lari 33,8 kilometer/jam.