Euro 2020 Grup B: Sejarah, Prediksi dan Profil Singkat Timnas Belgia, Denmark, Rusia dan Finaldia

Skuat Euro 2020 untuk Grup A, Denmark, Belgia, Finlandia dan Rusia, skuad euro 2020
Kontestan Euro 2020 untuk Grup B, Denmark, Belgia, Finlandia dan Rusia.

Kekalahan 0-5, 2-3 dan 1-2 dari Serbia, Turki dan Swedia buktinya. Melawan tim sekelas Moldova pun hanya bisa imbang 0-0.


Artem Dzyuba yang baru saja membawa Zenit St. Petersburg meraih gelar liga Rusia lainnya akan memimpin barisan penyerang Timnas Rusia di Euro 2020.

Sementara di belakangnya, Aleksandr Golovin, salah satu bintang paling cemerlang di Piala Dunia yang kepindahannya ke Monaco tidak berjalan sesuai rencana, akan menarik perhatian.


Mario Fernandes yang lahir di Brasil akan berada di bek kanan dan dia adalah salah satu pemain terbaik Rusia yang menjalani musim gemilang bersama CSKA Moscow.

Sementara Yuri Zhirkov mungkin berada di turnamen terakhirnya.

Pertahanan mereka mengkhawatirkan, dan setelah Igor Akinfeev mengakhiri karir internasionalnya, mereka juga memiliki celah di posisi penjaga gawang. Itu bisa menjadi masalah terbesar mereka.

Rusia bisa lolos dari grup – terutama sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik – tetapi mungkin sulit melangkah lebih jauh.

Finlandia

Rangking FIFA: 54
Partisipasi: 1
Prestasi terbaik Euro: –
Catatan di Euro: –
Pelatih: Markku Kanerva
Kapten: Tim Sparv
Pemain Kunci: Sparv, Teemu Pukki dan Lukas Hradecky

Selalu menarik menunggu performa tim debutan di turnamen sekelas Euro 2020. Finlandia sepenuhnya layak mendapatkan tempat mereka di Euro musim panas ini.

Mereka terpaksa menunggu satu tahun tambahan (ditunda karena pandemi Covid-19) untuk kesempatan ini, tetapi akhirnya ada di sini dan mereka pasti akan menikmatinya.

Tidak ada diunggulkan lolos kualifikasi, tetapi mereka finis kedua di bawah Italia, unggul empat poin dari Yunani di urutan ketiga.

Pertandingan terakhir telah meningkatkan optimisme tim ini. Mereka mengalahkan pemegang Piala Dunia Prancis 2-0 dalam pertandingan persahabatan November lalu di Stade de France, sementara mereka hanya terpaut empat poin di belakang Wales di grup Nations League. Tanda-tandanya menggembirakan.

Teemu Pukki adalah pemain kunci Finlandia, yang tampil gemilang bersama Norwich di Divisi Championship Inggris musim lalu.

Sementara Lukas Hradecky bermain cukup baik sebagai kiper Bayer Leverkusen.

Pemain lain seperti Marcuss Fross dari Brentford, Glenn Kamara dari Rangers dan Tim Sparv dari AEL akan berharap untuk berkontribusi besar juga.

Pelatih Markku Kanerva sangat populer di Finlandia dan dia berharap bisa meningkatkannya di turnamen ini.
Belgia dan Denmark akan terbukti menjadi lawan yang sulit, tetapi Rusia dapat dikalahkan.

Fakta bahwa empat tim peringkat ketiga terbaik lolos menambah elemen menarik ke Euro – mungkin saja Finlandia bisa menjadi salah satunya.

Prediksi

Redaksi Pojoksatu.id, dua wakil Grup B yang lolos langsung adalah Belgia dan Denmark. (fat/pojoksatu)