Sanksi Juve, Barca dan Madrid Berbeda, Siap-siap Jadi Penonton Liga Champions

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, european super league, super league, liga super eropa
Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

POJOKSATU.ID, LONDON – Sembilan dari 12 klub European Super League (ESL) atau Liga Super Eropa sudah dijatuhi sanksi oleh UEFA. Tiga klub lainnya, yaitu Juventus, Barcelona dan Real Madrid dipastikan dapat hukuman lebih berat.


Diberitakan sebelumnya, ada sembilan klub yang lebih dulu diputuskan sanksinya oleh UEFA karena keterlibatan mereka di Liga Super.

BACA JUGA: RESMI! 9 dari 12 Klub Liga Super Eropa Dihukum UEFA

Mereka ini adalah klub yang sudah resmi membatalkan keikutsertaannya di ESL.

Meski mundur dar Liga Super Eropa, sembilan klub tersebut tetap dijatuhi sanksi berupa pemotongan 5 persen pendapatan dari penampilan di kompetisi UEFA selama satu musim.


Sementara nasib Barcelona, ​​Real Madrid dan Juventus yang masih bertahan di ESL belum diputuskan sanksinya oleh UEFA.

Pastinya, ketiga klub ini akan mendapat sanksi lebih berat. Kemungkinan besar dilarang tampil di Liga Champions.

Proyek Liga Super Eropa meledak tiga minggu lalu setelah klub Inggris – Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester United, Manchester City dan Tottenham – mundur dalam waktu 48 jam setelah reaksi keras dari fans dan pemerintah Inggris.

Atletico Madrid, AC Milan dan Inter Milan juga telah secara resmi menandatangani kesepakatan dengan UEFA untuk hanya berpartisipasi dalam kompetisi Eropa yang resmi.

Meski demikian, sembilan klub itu tetap dijatuhi sejumlah sanksi. Antara lain akan melakukan pembayaran gabungan sebesar 15 juta euro.