Deretan Ucapan Duka PSSI dan Kontestan Piala Menpora Atas Tragedi KRI Nanggala 402

KRI Nanggala-402 tenggelam, tragedi kri nanggala 402
KRI Nanggala-402 tenggelam. Foto : Twitter Indonesia National Armed Forces/@INAF_RBX

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Bangsa Indonesia tengah berduka atas tragedi KRI Nanggala 402. Kapal selam yang mengangkut 53 prajurit terbaik TNI Angkatan Laut (AL) hilang kontak sejak Rabu (20/4/2021) lalu.


Hari ini, Sabtu (24/4/2021) pihak berwenang menyatakan KRI Nanggala 402 tenggelam.

BACA JUGA: 10 Pemain Super Elja Bungkam Juku Eja, PSS Sleman Juara Ketiga Piala Menpora

Kabar itu tentu saja menyisakan duka mendalam. Bukan hanya bagi keluarga ABK KRI Nanggala 402, tapi seluruh Bangsa Indonesia.

Tak terkecuali para insan sepak bola Tanah Air. Termasuk PSSI dan sejumlah klub yang tampil di Piala Menpora 2021, ikut menyampaikan duka cita mendalam atas tragedi KRI Nanggala 402.


Melalui akun sosial media resminya, mereka menyampaikan duka dan mendokan keluarga para ABK diberikan ketabahan atas musibah ini.

Berikut deretan ucapan duka PSSI dan klub-klub Indonesia atas tragedi KRI Nanggala 402, seperti dari Persija Jakarta, Persib Bandung dan lainnya:

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Persija Jakarta (@persija)

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PERSIB (@persib)

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Persebaya (@officialpersebaya)

KRI Nanggala 402 Dipastikan Tenggelam

Sekadar diketahui, pada Sabtu (24/4/2021), Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, saat ini pihaknya menaikkan status KRI Nanggala-402 dari submiss (hilang) menjadi subsunk (tenggelam).

Hal tersebut berdasarkan sejumlah bukti otentik yang ditemukan tim pencarian di lapangan.

“Dengan adanya bukti-bukti otentik yang kini diyakini milik KRI Nanggala, pada saat ini kita isyaratakan untuk (naik) dari submiss kita tingkitkan menuju fase subsunk,” ujar Yudo dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

“Pada fase subsunk nanti akan kita siapkan untuk evakuasi medis terhadap ABK yang kemungkinan masih selamat. Kita evakuasi baik nanti ke Surabaya atau nanti ke Banyuwangi nanti akan kita lanjutkan ke proses berikutnya,” lanjutnya.

Sebelumnya, KRI Nanggala-402 mengalami hilang kontak di perairan utara Bali, Rabu (21/4/2021), sekitar pukul 04.25 WIB.

Kapal selam mengalami kontak hilang ketika akan meerima otoritasi peluncuran torpedo nomor 8.

Peluncuran torpedo ini merupakan rangkaian kegiatan latihan yang tergabung dalam Gugus Tugas Penembakan Senjata Strategis TNI AL.

Latihan ini sedianya digelar Kamis (22/4/2021). Akan tetapi, latihan tersebut terpaksa dibatalkan akibat peristiwa hilangnya KRI Nanggala.

KRI Naggala merupakan salah satu kapal selam yang resmi menjadi bagian dari alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia pada 1981. (fat/pojoksatu)