Tanpa Liga Domestik, Ketua PSSI Bidik Medali Emas SEA Games 2021

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Foto : @officialpssi
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Foto : @officialpssi

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, M Iriawan memasang target tinggi kepada Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021. Pria yang karib disapa Iwan Bule itu berharap Garuda Muda meraih medali emas.

Ketua Umum PSSI M Iriawan berharap penggawa Garuda Muda melakukan persiapan yang serius dan fokus, untuk meraih gelar juara.

Pria karib disapa Iwan Bule tersebut menyebut, lawan terberat Timnas Indonesia U-23 ialah Vietnam.

Selain sama-sama dibesut pelatih asal Korea Selatan, mereka juga merupakan juara bertahan yang menaklukkan Indonesia di final SEA Games 2019.


“Kalian akan tempur ke SEA Games nanti. Kalahkan itu Vietnam, bisa?,” tanya Iwan Bule ke pemain Timnas yang langsung dijawab bisa secara kor.

Iwan Bule menambahkan, prestasi tinggi di sepak bola apalagi level SEA Games, sudah sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Terakhir tim merah putih meraih juara pada SEA Games 1991 di Manila, sudah 30 tahun yang lalu.

“Masyarakat Indonesia sudah haus prestasi. Pada 2019, timnas nyaris meraih emas. Nah, tahun ini kalian harus berusaha mewujudkan itu,” tegas Iwan Bule, dikutip Pojoksatu.id dari Jpnn.com.

Saat ini, Rachmat Irianto dkk sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta.

Mereka sudah berada di ibu kota sejak 8 Februari lalu, dan akan menjalani latihan di bawah arahan Shin Tae Yong sampai 28 Februari mendatang.

Target Iwan Bule ini tentu saja terlalu tinggi jika merujuk pada persiapan tim besutan Shin Tae Yong.

Pasalnya, sebagian besar penggawa Timnas U-23 tidak terlibat dalam liga domestik dalam setahun terakhir. Kompetisi yang tidak hanya berpengaruh ke fisik, tapi juga membentuk mental pemain.

SEA Games 2021 memang masih lama. Dijadwalkan pada 21 November hingga 2 Desember 2021, di Hanoi, Vietnam.

Masalahnya, sampai saat ini PSSI sendiri belum bisa memastikan kapan kompetisi dalam negeri bisa digulirkan kembali.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru kesulitan mendapatkan izin dari kepolisian untuk menggelar pertandingan sepak bola, meski tanpa penonton, seperti yang dilakukan sejumlah negara tetangga.

Praktis, para penggawa Garuda Muda hanya mengikuti beberapa kali TC yang dianggap sebagai persiapan untuk menghadapi SEA Games 2021.

Tapi pembentukan mental tidak mereka dapatkan dari pertandingan liga yang kerap menguras tenaga dan emosi pemain. Kecuali jika para pemangku jabatan bisa segera menggulirkan liga dalam waktu dekat. Semoga!

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(jpnn/fat/pojoksatu)