Polri Izinkan Liga Bergulir, Tapi Syaratnya Begini

Seluruh klub Liga 1 sepakat untuk meminta RUPS Luar Biasa PT LIB. (Hendra Eka/Jawa Pos)
Kontestan Liga 1 2020.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Harapan pecinta sepak bola Tanah Air untuk menyaksikan kembali tim kesayangannya berkompetisi tampaknya semakin dekat jadi kenyataan. Itu setelah pihak Polri memberi lampu hijau kemungkinan akan diizinkannya pertandingan sepak bola.


Namun izin ini tentu saja tidak serta merta dikeluarka Polri. Melainkan ada syarat yang wajib dipenuhi, terutama pihak klub atau panitia pertandingan.

Hal itu disampaikan Baintelkam Polri Kombes Pol Budi Sajidin dalam acara webinar bersama Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) pusat, Rabu (3/2/2021) sore.


Budi Sajidin menjelaskan Polri sejauh ini telah memberikan lampu hijau.

Kabar itu disampikannya kepada awak media dalam webinar karena sebelumnya sudah melakukan komunikasi dengan Asops Kapolri.

“Lampu hijaunya, kemarin saya dapat informasi dari Asops Kapolri Imam Sugianto yang menyatakan bahwa untuk tata cara kegiatan Liga 1 sepak bola kemungkinan ini bisa dilaksanakan, ini sudah dipertimbangkan,” terangnya.

Adapun konsep pertandingan yang mungkin akan diizinkan Polri adalah tanpa penonton.

“Kemungkinan pihak Polri akan mengizinkan untuk sepak bola tanpa penonton bisa dilaksanakan,” imbuhnya.

Tak hanya sepak bola, Polri juga membuka peluang untuk cabang olahraga lainnya untuk bisa dilaksanakan. Tentu harus melakukan pengajuan terlebih dahulu kepada Polri, dengan salah satu syarat utamanya adalah lampiran panduan protokol kesehatan.

Budi Sajidin mencontohkan bagaimana kegiatan Pilkada kemarin mendapatkan izin, yakni karena panduan protokol kesehatan yang dilampirkan. Apabila panduan itu dianggap aman, maka Polri akan memberikan izin kegiatan.

“Olahraga lain silakan diajukan. Larangan bukan harga mati. Ke depan bisa dilaksanakan tentu dengan protokol yang ketat. Sudah ada lampu hijau,” ujar Budi Sajidin.

“Kesepakatan ini dibangun sama seperti Pilkada kemarin. KPU, Bawaslu pakai protokol, ada 14 persyaratan dalam TPS. Persyaratan itu akan meloloskan izin keluar,” tuturnya.

Seperti diketahui, liga di Indonesia sudah dihentikan sejak Maret tahun lalu karena pandemi Covid-19.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sempat beberapa kali merencanakan untuk melanjutkan kompetisi musim 2020 itu, namun tak pernah terealisasi.

Pasalnya, pihak kepolisian tidak memberikan izin untuk menggelar pertandingan.

Dengan adanya lampu hijau dari Baintelkam Polri itu, PSSI dan PT LIB tampaknya harus bergerak cepat menyiapkan segala sesuatunya untuk menggelar kembali kompetisi.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(jpnn/fat/pojoksatu)