Pemain Berdarah Indonesia, Pascal Struijk Jadi Rebutan Timnas Belgia dan Belanda

Bek Leeds United, Pascal Struijk.
Bek Leeds United, Pascal Struijk.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Timnas Belgia dan Belanda berebut bek muda Leeds United, Pascal Struijk yang memiliki keturunan Indonesia.


Laporan media di Belanda, Selasa (2/2/2021) hari ini menyebut Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belgia (RBFA) merencanakan sebuah “perampokan” Struijk dari asosiasi sepak bola Belanda, KNVB.

Hal itu menyusul langkah pelatih Belgia, ROberto Martinez yang kabarnya telah berbicara melalui telepon dengan bek berusia 21 tahun itu.

Sejauh ini, Pascal Struijk belum pernah membela tim nasional senior manapun. Dan terkait kewarganegaraannya, ia bisa memilih bermain untuk salah satu dari tiga negara yang terkait dengannya.


Yaitu Belanda, Belgia termasuk Timnas Indonesia, sebagaimana cuitan Akademi Leeds United.

Meski lahir di Belgia, Struijk belum pernah bermain untuk tim nasional yang berjulukan Setan Merah itu.

Dia malah pernah memperkuat Timnas Belanda U-17 dalam dua pertandingan.

Selain Belgia dan Belanda, Struijk rupanya juga punya darah Indonesia. Pasalnya, kakek dan neneknya meninggalkan Tanah Air dan pergi ke Belanda masa penjajahan.

“Orang Indonesia tampaknya sadar kalau saya memiliki darah Indonesia. Saya bingung mereka tahu dari mana,” katanya, dikutip dari Sportmagazine, beberapa waktu lalu.

“Saya harus akui, terkadang saya merasa orang Indonesia, tapi terkadang tidak. Namun, di luar keluarga saya, saya tidak punya hubungan dengan orang lain di Indonesia,” ucap Struijk.

Pascal Struijk memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional di ADO Den Hagg U-17 pada 2015. Setahun kemudian, ia dilirik oleh akademi Ajax Amsterdam, dan bermain untuk Ajax U-19 mulai musim 2016-2017.

Kariernya melesat cepat setelah musim berikutnya pemain kelahiran Belgia itu bergabung dengan tim muda Leeds United.

Dan pada musim 2020/21 ini, Pascal Struijk sudah ‘naik kelas’.

Kelugasannya sebagai bek tengah membuat Marcelo Bielsa memanggilnya memperkuat tum utama Leeds United.

Hingga hari ini, Struijk tercatat sudah 11 kali tampil di Premier League, enam di antaranya dimainkan Bielsa sebagai starter di lini belakang Leeds.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(fat/pojoksatu)