Kontrak Rp100 Miliar Lebih, Ronaldo Tolak Jadi Duta Pariwisata Arab Saudi, Messi Juga Ditawari

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi ditawari jadi duta pariwisata Arab Saudi dengan kontrak Rp100 miliar lebih per tahun.
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi ditawari jadi duta pariwisata Arab Saudi dengan kontrak Rp100 miliar lebih per tahun.

POJOKATU.id, TURIN – Megabintang Juventus, Crisitiano Ronaldo dilaporkan telah menolak tawaran menjadi duta pariwisata Arab Saudi. Padahal pihak Kerajaan Arab Saudi menawarkan kontrak Rp100 miliar per tahun untuk pekerjaan tersebut.


Laporan The Telegraph, Ronaldo ogah jadi bintang iklan ‘Welcome to Arabia” sebagai bagian dari proyek pariwisata di negara tersebut, Visit Saudi.

Diduga penolakan Ronaldo karena pihak Arab Saudi juga berencana menawarkan kontrak yang sama kepada rival abadi Ronaldo, Lionel Messi.

Striker Barcelona Messi – pemain paling berharga di dunia bersama sesama ikon Ronaldo – telah ditawari kesepakatan yang sama sekitar 7,3 juta USD (Rp109 miliar) setahun setelah bintang Juventus menolak proposal tersebut.


Manajemen Leo Messi dikatakan telah menolak untuk mengomentari prospek pahlawan Argentina mengambil kesempatan itu.

Penolakan pihak Messi sendiri karena latar belakang internasional Arab Saudi yang terkenal dengan skandal pelanggaran hak asasi manusianya (HAM).

Messi akan melakukan kunjungan ke Saudi dan fotonya digunakan dalam materi promosi jika dia menerima tawaran tersebut, yang konon menyatakan bahwa visa harus diamankan sebelum bepergian ke kerajaan.

Mata dunia tertuju pada Arab Saudi karena telah membayar banyak uang untuk menjadi tuan rumah acara olahraga besar dalam beberapa tahun terakhir.

Mereka membayar lebih dari 38 juta USD atau sekitar Rp570 miliar untuk pertandingan ulang antara Anthony Joshua dan Andy Ruiz pada Desember 2019.

Juara kelas berat Joshua, yang merupakan salah satu olahragawan ternama Inggris, kemudian mendukung Saudi meskipun dituduh mata duitan.

Ketika Piala Super Spanyol berlangsung di Jeddah tahun lalu, manajer Messi saat itu, Ernesto Valverde, mengakui bahwa klub tersebut telah bergabung dengan Real Madrid, Atletico Madrid dan Valencia di turnamen yang sangat jauh demi uang.

Messi sebelumnya memainkan pertandingan persahabatan glamour dengan Argentina melawan Brasil di Riyadh, berfoto dengan Turki Al-Sheikh, pemimpin otoritas hiburan negara itu.

Kelompok hak asasi manusia mengkritik Joshua dan keputusan Formula Satu untuk menggelar grand prix di Arab Saudi, yang akan berlangsung pada November.

Ada kontroversi dan pertikaian yang membara tahun lalu ketika Liga Premier memblokir pembelian klub Liga Utama Inggris Newcastle oleh Dana Investasi Publik Arab Saudi, dengan istri jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, yang dibunuh pada 2018, memohon kepada petinggi Premir League untuk tidak membiarkan kesepakatan dilanjutkan.

Messi dan Ronaldo menghasilkan banyak uang setiap tahun dari kontrak dengan banyak merek. Angka tahun lalu menunjukkan bahwa kapten Portugal akan menjadi pesepakbola pertama yang menjadi miliarder selama karirnya.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(fat/pojoksatu)