Maaf Ya Ronaldo, Anda Belum Pecahkan Rekor Top Skorer Sepanjang Masa, ‘PSSI-nya’ Ceko Protes Nih

Megabintang Juventus dan Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri) dan legenda sepak bola Rep Ceko, Josef Bican.
Megabintang Juventus dan Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri) dan legenda sepak bola Rep Ceko, Josef Bican.

POJOKSATU.id, TURIN – Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo menjadi pembicaraan setelah Juventus mengalahkan Napoli 2-0 pada perebutan Piala SUper Italia 2020, di Mapei Stadium – Città del Tricolore (Reggio Emilia), Kamis (21/1/2021) dini hari WIB.


Pasalnya, Ronaldo mencetak satu gol pada laga itu dan sejumlah media menyebut bahwa superstar asal Portugal itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan 760 gol (klub dan negara).

Seperti dilansir Squawka, Kamis dini hari tadi bahwa dengan jumlah gol tersebut telah melampaui rekor legenda Republik Ceko, Josef Bican. Disebutkan bahwa Bican mencetak 759 gol untuk klub dan negaranya.

Tapi pemberitaan sejumlah media itu langsung dibantah ‘PSSI-nya’ atau federasi sepak bola Rep Ceko.

Mereka mengklaim bahwa Ronaldo belum melampaui rekor Josef Bican. Sebab jumlah gol legenda mereka itu bukan 759, melainkan 821.

Sehingga Ronaldo harus mencetak 62 gol lagi di pertandingan resmi untuk menjadi top skorer sepanjang masa, seperti dikutip Pojoksatu.id dari Sky Sports.

“Komite Sejarah dan Statistik FA Ceko menghitung semua gol yang dicetak oleh Josef Bican yang legendaris dan kami dapat menyatakan dia mencetak 821 gol dalam pertandingan resmi,” bunyi cuitan dari federasi sepak bola Ceko.

Dalam pernyataan panjang yang diposting di situs federasi sepak bola Ceko, diklaim 821 adalah “angka paling akurat” dalam hal menghitung berapa banyak gol yang dicetak Bican sepanjang karirnya.

“Jawabannya adalah – Josef Bican mencetak 821 gol dalam pertandingan resmi,” bunyi pernyataan itu.

“Gol dari pertandingan liga pertama dan kedua, piala nasional, piala eropa tengah dan pemilihan tim nasional dimasukkan. Sebaliknya, pertandingan persahabatan tidak dimasukkan dalam statistik, kecuali tim nasional.”

“Dapat dikatakan dengan sangat serius bahwa ini adalah angka yang sesuai dengan keadaan saat ini dari kemungkinan verifikasi semua data, jadi itu adalah angka yang paling akurat.”

Bulan lalu, Santos juga membantah klaim Lionel Messi memecahkan rekor lama Pele untuk satu klub, dengan pernyataan klub mengklaim penghitungan resmi Pele adalah 1.091 dan bukan 643.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(fat/pojoksatu)