Siapa Pengumpan Terbaik di La Liga Musim Ini? Ternyata Sosok Tak Terduga Ini

Duo Barcelona, Sergio Buquets dan Miralem Pjanic serta gelandang Real Madrid, Toni Kroos, pengumpan terbaik la liga
Duo Barcelona, Sergio Buquets dan Miralem Pjanic serta gelandang Real Madrid, Toni Kroos.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Liga Spanyol atau La Liga selalu menampilkan gaya sepak bola yang mengandalkan teknik dan penguasaan bola sepanjang laga. Peran pemain yang memiliki akurasi umpan yang baik sangat dibutuhkan.


Lalu siapa pengumpan terbaik di La Liga musim 2020/21 sejauh ini?

Baru-baru ini, Football Critic merilis sebuah data yang cukup mengejutkan. Jika Anda berpikir pemain seperti Lionel Messi atau Luka Modric adalah pengumpan terbaik, maka Anda salah total.


Dua pemain ini tak ada dalam lima besar data yang dirilis Football Critic itu.

Dalam membuat data ini, Football Critic menyaring hanya pemain dengan waktu bermain di atas 500 menit. Kemudian dirata-ratakan jumlah umpan yang dilepaskan dan akurasinya.

Hasilnya, bintang Barcelona yang jarang dipublikasikan, Sergio Busquets ternyata menyelesaikan operan terbanyak per pertandingan di La Liga pada musim 2020/21, hingga Kamis (7/1/2021).

Barcelona memang menjalani salah satu musim yang kurang mengesankan dengan masih tertinggal 7 poin dari pemuncak klasemen sementara, Atletico Madrid hingga jornada 17.

Tapi Busquets mencuri perhatian dengan perannya yang ‘ternyata’ sangat vital bagi tim besutan Ronald Koeman.

Rata-rata, dia membuat 88,8 operan ke rekan satu tim per pertandingan, dengan tingkat akurasi 91 persen.

Ini bukan hanya umpan dari sisi ke sisi, karena ia rata-rata mengoper 27,2 umpan ke sepertiga akhir (area pertahanan lawan) per pertandingan.