Sosok Berjasa Dalam Karir Maradona Ternyata Belum Tahu Sang Legenda Sudah Meninggal

Carlos Bilardo dan Diego Maradona.
Carlos Bilardo dan Diego Maradona.

POJOKSATU.id, BUENOS AIRES – Diego Armando Maradona meninggal dunia padausia 60 tahun, 25 November lalu. Meski sudah sepekan berlalu, salah satu sosok berjasa dalam karir Maradona, Carlos Bilardo ternyata belum tahu kalau sang legenda sudah tiada.


Carlos Bilardo adalah pelatih Timnas Argentina ketika Maradona memimpin Tim Tango menjuarai Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Ia juga banyak berjasa dalam karir Maradona, seperti mempercayakan ban kapten hingga mengajarkan bagaimana ‘bergaul’ dengan bola.


Dikutip Pojoksatu.id dari Football Espana, saudara laki-laki Bilardo, Jorge, baru-baru ini mengungkapkan bahwa pihak keluarga sengaja menyembunyikan kabar duka itu kepada pria yang kini berusia 82 tahun itu.

Menurutnya, menceritakan kabar kematian Maradona dapat memengaruhi kesehatannya, yang saat ini mulai stabil setelah dia meninggalkan klinik beberapa minggu lalu karena penyakit saraf sindrom Hakim-Adams.

Untuk menghindari Bilardo mengetahui kabar meninggalnya Maradona, pihak keluarga mencegahnya menonton televisi dengan mengatakan bahwa ada masalah dengan perusahaan televisi.

Jadi Carlos Bilardo menghabiskan waktunya dengan menonton serial di Netflix.

Namun pihak keluarga menyadari, cepat atau lambar Bilardo akan mengetahuinya. Sehingga saat ini, Jorge mengatakan kepada Cielo Sports bahwa mereka menyusun cara terbaik untuk menyampaikan kabar duka itu dengan sangat hati-hati.

“[Kematian Maradona] adalah sesuatu yang akan menjadi empat, lima atau dua puluh hari di media dan itu memperumit banyak hal karena Bilardo menonton televisi dan banyak pertandingan,” katanya.

“Saya berbicara dengan [Oscar] Ruggeri dan dia akan bertemu dengannya dengan dua atau tiga anak laki-laki lain [dari tim Argentina 1986] untuk melihat bagaimana dia. Kita akan melihat bagaimana dia bereaksi dan apa yang terjadi.”