Ketum PSSI Akui Ada Wacana Piala Dunia U-20 di Indonesia Bakal Diundur

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melepas skuad Timnas Indonesia u-19 ke Zagreb, Kroasia, Sabtu (29/8/2020) malam. ft/pssi
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melepas skuad Timnas Indonesia u-19 ke Zagreb, Kroasia, Sabtu (29/8/2020) lalu. ft/pssi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengakui ada wacana Piala Dunia U-20 yang rencananya akan dihelat di Indonesia tahun depan bakal diundur. Namun itu masih sebatas rumor. Belum ada pemberitahuan dari FIFA.


Rumor mundurnya kompetisi pemain muda sejagad raya itu sebagai imbas dari masih tingginya penularan COVID-19 di seluruh dunia.

“Sampai sekarang, kami belum mendengar Piala Dunia U-20 diundur oleh FIFA. Rumornya ada, tetapi belum ada informasi ditunda,” ujar Iriawan dalam webinar, Rabu (4/11/2020).

Iriawan mengatakan, hingga saat ini FIFA belum memberikan pernyataan bahwa gelaran tersebut akan ditunda.


Maka, kata dia, PSSI pun terus menggeber persiapan mulai dari skuad timnas maupun fasilitas pendukung.

Menurutnya, pembangunan fasilitas pendukung untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 masih sesuai agenda.

Timnas U-19 pun akan diterbangkan ke luar negeri lagi untuk melakukan pemusatan latihan.

“Memang ada rumor itu dan PSSI sudah mendengarnya, tapi tidak ada informasi dari FIFA dan kami tetap melakukan persiapan dan tim tetap dalam roadmap di mana bulan depan berangkat TC,” katanya.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu menyatakan Indonesia harus bisa menyelenggarakan Piala Dunia U-20 dengan sukses, baik di sisi pelaksanaan maupun prestasi.

Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan menilai pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia memiliki banyak dampak positif.

Jika Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik serta para pemainnya bisa menampilkan permainan gemilang, maka Indonesia akan dilirik negara lain dan tak sulit ketika mengajukan sebagai tuan rumah untuk turnamen akbar lain.

“Ini jadi momen langka bagi setiap negara yang terpilih jadi tuan rumah, akan angkat persepakbolaannya jadi ini momen kita dikenal dunia,” katanya.

Sebelumnya, timnas U-19 kembali ke Tanah Air setelah menjalani TC di Kroasia selama sebulan lebih.

Mereka awalnya akan dikembalikan ke klub masing-masing guna menambah jam terbang di kompetisi ketat, akan tetapi PSSI dan PT LIB memutuskan menangguhkan liga hingga tahun depan.

Oleh karena itu, PSSI berencana membawa David Maulana dkk kembali menjalani pemusatan latihan di luar negeri. Sejumlah negara yang dibidik antara lain Belanda, Jepang, atau Korea Selatan.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(antara/jpnn/pojoksatu)