Media Austria Ungkap Penyebab Alfred Riedl Meninggal Dunia

piala aff, vietnam vs indonesia, indonesia, alfred riedl
Alfred Riedl (Tengah) saat menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kabar meninggalnya Alfred Riedl menyisakan duka mendalam. Tidak hanya bagi pecinta sepak bola Austria, tapi juga warga Indonesia.


Maklum nama  juru taktik berkebangsaan Austria itu sangat melekat di hati suporter Timnas Indonesia. Tercatat, ia dua kali membawa Timnas Garuda menjadi runner-up di Piala AFF 2010 dan 2016.

Dikutip Pojoksatu.id dari Kurier.at, Alfred Riedl sempat dirawat karena penyakit kanker yang dideritanya.

Alfred Riedl dirawat dengan penuh kasih oleh istrinya, Jola. Sayang, penyakit kanker itu kian ganas dan merenggut nyawa Riedl, Senin (7/9/2020) malam waktu setempat. Riedl meninggal pada usia 70 tahun.


Presiden Asosiasi Sepakbola Austria (OFB), Leopold Windtner memberikan penghormatan kepada Riedl atas jasanya pada sepak bola Austria.

“Alfred Riedl jelas merupakan pesepakbola yang luar biasa pada zamannya, juga pernah melayani tim nasional Austria,” kata Leo Windtner kepada APA, Selasa (8/9).

Melalui akun twitternya, PSSI juga menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Alfred Riedl.

“Turut berduka cita atas wafatnya mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl. Terima kasih untuk semua dedikasi dan kerja kerasnya, pelatih,” pernyataan resmi PSSI.

Nama Riedl cukup terkenal di dunia sepak bola Asia Tenggara, dia pernah melatih timnas Vietnam, Laos, dan terakhir Indonesia. Dia terbilang sukses di setiap negara yang dilatihnya.

Bahkan ketika menukangi timnas Vietnam, Alfred Riedl mendapat donor ginjal dari pencinta sepak bola Vietnam, berusia 13 tahun. Suporter itu rela berkorban demi pelatih yang telah mengangkat prestasi negaranya.

Kejadian tersebut juga membuat Riedl beralasan tidak akan pernah merayakan gol dari tim manapun yang dia besut selain timnas Vietnam.

Di Laos, nama dia terkenal karena untuk kali pertama dalam sejarah mampu mengalahkan timnas Indonesia dengan skor dua gol tanpa balas dalam ajang SEA Games 2009.

Kemudian pada tahun 2010-2011, dia melatih timnas Indonesia. Kala itu, nama Alfred Riedl diagung-agungkan karena membawa skuad Garuda tembus final Piala AFF 2010.

Pelatih asal Austria itu sejatinya bakal menukangi Persebaya Surabaya dalam kontes Shopee Liga 1 2020.  Akan tetapi, karena masalah kesehatan, dia urung datang ke Indonesia dan membatalkan kerjasama dengan Persebaya.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(fat/pojoksatu)