Resmi Gabung Napoli, Victor Osimhen Jadi Pemain Termahal Afrika Sepanjang Sejarah

Striker Lille, Victor Osimhen.
Striker Lille, Victor Osimhen resmi gabung Napoli, Jumat (31/7/2020).

POJOKSATU.id, NAPLES – Pemain baru Napoli, Victor Osimhen langsung membuat catatan mengesankan dalam proses kepindahannya ke klub Serie A itu.


Osimhen yang resmi dibeli Napoli dari Lille, Jumat (31/7/2020) seharga 70 juta euro menjadikannya sebagai pemain Nigria termahal ketiga sepanjang sejarah, laporan Allnigeriasoccer.com.

Pemain Super Eagles termahal sepanjang sejarah adalah penyerang Arsenal, Nicolas Pepe yang menelan biaya 80 juta euro.

Kemudian Cedric Bakambu yang dijual ke klub Cina, Beijing Guoan seharga 72,7 juta euro adalh pemain termahal kedua sebelum nama Osimhen.


Meskipun Pepe dan Bakambu mewakili negara-negara Afrika secara internasional, mereka berdua lahir di Prancis, oleh karena itu, Osimhen adalah pemain kelahiran Afrika termahal sepanjang masa.

Dipantau Pojoksatu.id dari laman Transfer Market, Lille membeli Osimhen pada musim panas 2019 dari klub Belgia, RSC Charleroi seharga 22,4 juta euro.

Setahun kemudian atau musim panas 2020 ini, Lille menjual Victor Osimhen ke Napoli dengan biaya 70 juta euro atau mendekati angka Rp1,2 triliun.

Dengan kata lain, hanya dalam waktu satu tahun, Lille mendapat keuntungan hampir empat kali lipat dari transfer Osimhen.

Dalam laporan Gianluca di Marzio, disebutkan bahwa dari biaya 70 juta euro itu, Lille akan membayar klausul solidaritas 5 persen kepada mantan klub Osimhen.

Sehingga dana bersih yang mereka peroleh adalah 66,5 juta euro, ditambah bonus 10 juta euro, tergantung pencapaian Osimhen bersama Napoli di Liga Champions di masa mendatang.

Total biaya transfer Osimhen itu akan diangsur Napoli hingga lima tahun ke depan.

Osimhen akan mendapatkan gaji sekitar 4 juta euro per musim setelah dipotong pajak.

Lille dan Napoli juga terlibat dalam operasi terpisah yang melibatkan empat pemain lain.

Kiper Orestis Karnezis, dan pemain muda Claudio Manzi, Ciro Palmieri serta Luigi Liguori akan pindah ke klub Prancis.

Lille akan membayar Napoli 20 juta euro, oleh karena itu total pengeluaran uang tunai oleh klub Italia adalah 50 juta euro.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(fat/pojoksatu)