Preview Arsenal vs Chelsea, Final Piala FA : Duel Bernilai Rp510 Miliar

Manajer Arsenal, Mikel Arteta.
Manajer Arsenal, Mikel Arteta.

POJOKSATU.id, LONDON – Kampanye terpanjang sepak bola Inggris akan berakhir Sabtu (1/8/2020) malam ketika Arsenal dan Chelsea berhadapan di Wembley di final Piala FA ke-139.


The Gunners menyingkirkan juara bertahan Manchester City di semifinal dan mencari kemenangan ke-14 dalam kompetisi, tiga tahun setelah kesuksesan terakhir mereka.

Chelsea, dikalahkan 2-1 oleh Arsenal di final tahun itu, telah mengamankan posisi empat besar di Liga Premier dan bisa menjadikan ini kampanye pertama yang luar biasa untuk Frank Lampard.

Tidak ada dua tim yang lebih sukses di Piala FA sejak pergantian abad ini dari Arsenal dan Chelsea, yang mengangkat trofi ini sebanyak 11 kali sejak 2001.


The Gunners sering mengandalkan kompetisi domestik tertua ini untuk menyelamatkan kampanye mereka belakangan ini, dan hal itu kembali terjadi musim ini.

Perbaikan telah dilakukan sejak Mikel Arteta menggantikan Unai Emery pada bulan Desember, tetapi belum konsisten. Akibatnya The Gunners hanya mampu finis kedelapan di Liga Inggris 2019/20.

Hal itu membuat 2019-20 adalah musim liga terburuk Arsenal dalam 25 tahun, setelah juga tersingkir dari dua kompetisi piala lainnya.

Jadi kemenangan pada final Piala FA malam ini menjadi harga mati bagi anak asuh Mikel Arteta.

Kemenangan yang akan bernilai hingga 30 juta pound (Rp510 miliar), mengingat itu berarti mereka otomatis berlaga di Liga Europa.

Bukan cuma itu, tampil di kompetisi Eropa musim depan bisa membantu Arsenal mempertahankan sang kapten Pierre-Emerick Aubameyang yang ingin hengkang.

Arsenal sendiri identik dengan Piala FA, dan cenderung mengangkat trofi ketika mereka mencapai final.

The Gunners menang dalam delapan dari sembilan final Piala FA terakhir mereka, termasuk masing-masing dari enam terakhir – hanya Tottenham Hotspur (tujuh antara 1901 dan 1982) yang telah memenangkan lebih banyak berturut-turut.

Tapi Chelsea juga ingi mengukir sejarah di Wembley nanti malam. Bagi The Blues, kemenangan akan sangat berarti terutama bagi Frank Lampard yang baru menjalani debutnya musim ini sebagai bos Chelsea.

Setelah mengalahkan Manchester United di semifinal, ini akan menjadi penampilan kesembilan the Blues di final sejak tahun 1997 dan mereka telah memenangkan tujuh di antaranya.

Berikut prakiraan susunan pemain Arsenal vs Chelsea:

Arsenal (3-4-3)
Martínez; Tierney, Luiz, Holding; Saka, Xhaka, Ceballos, Bellerín; Aubameyang, Lacazette, Pépé

Pelatih: Mikel Arteta

Chelsea (3-4-3)
Caballero; Rüdiger, Zouma, Azpilicueta; Alonso, Kovacic, Jorginho, James; Pulisic, Giroud, Mount

Pelatih: Frank Lampard

(fat/pojoksatu)