Ini Rincian Kerugian Man United Jika Kalah dari Leicester, Perbandingannya Bonus Liga Europa

Manchester United. ft/MEN
Manchester United. ft/MEN

POJOKSATU.id, MANCHESTER – Manchester United akan menghadapi Leicester City pada pekan terakhir Premier League musim 2019/20. Jika kalah, Setan Merah kemungkinan besar gagal tampil di Liga Champions musim depan.


Kecuali jika Chelsea juga kalah dari Wolves di Stamford Bridge.

MU sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk finis di empat besar dan lolos ke UCL. Tapi Leicester juga mengusung misi serupa. Anak asuh Brendan Rogers ingin tampil di kompetisi elit Eropa musim depan.

Jika itu terjadi dan Chelsea setidaknya mendapat satu poin, The Red Devils akan kehilangan uang signifikan yang harusnya masuk ke kas mereka jika finis di empat besar.

Ada perbedaan bonus sekitar 2 juta poundsterling (Rp34 miliar) per posisi di klasemen akhir Liga Premier, yang berarti hadiah uang untuk posisi berkurang 4 juta pound.

Setiap kontestan yang tampil di fase grup Liga Champions – untuk Liga Inggris semua tim di 4 besar – akan menerima sekitar 13,8 juta pound (Rp235 miliar). Bandingkan dengan bonus untuk kontestan fase grup Liga Europa, hanya 2,6 juta pound.

Di fase grup Liga Champions, setiap kemenangan dihadiahi bonus 2,4 pound, imbang 820 ribu pound. Di Liga Europa hanya 519.000 pound jika menang dan 190 ribu pound kalau imbang.

Jika lolos dari Babak Grup Liga Europa, mereka menerima 1 juta pound untuk finis sebagai juara grup dan 455.000 pound bagi runner-up.

Klub juga menerima 455.000 pound lebih lanjut untuk semua kontestan 32 besar, baik itu melalui fase grup atau ‘tim buangan’ Liga Champions, dan 1 juta pound lainnya jika lolos ke 16 besar.

Liga Champions tidak memiliki Babak 32, juga tidak memberikan bonus bagi juara dan runner up grup.

Tapi klub yang tersingkir di babak 16 besar mendapat hadiah 8,6 juta pound (Rp146 miliar).

Kalau tersingkirnya di perempat final, klub mendapat hadiah 9,5 juta pound. Bandingkan di Liga Europa yang hanya mendapat 1,3 juta pound.

Sementara mereka yang gugur di semi-final Liga Champions mendapat 10,9 juta pound, di Liga Europa 2,1 juta pound.

Adapun bonus bagi tim yang lolos ke final Liga Champions adalah 13,6 juta pound bagi runner up (4,5 juta pound di Liga Eropa).

Bagi sang juara Liga Champions menerima 17,3 juta pound (Rp300 miliar) dibandingkan dengan hadiah juara Liga Europa sebesar 7,7 juta pound.

Jadi, di seluruh kompetisi, bonusnya tergantung sejauh mana klub bertahan dan ada perbedaan besar antara kedua kompetisi Eropa ini.

Secara keseluruhan, pemenang Liga Champions dapat mengumpulkan total hadiah uang sebesar 75,1 juta pound (Rp1,3 triliun) dibandingkan dengan total hadiah Liga Europa 19,4 juta pound.

Jadi wajar jika Man United, Leicester dan Chelsea akan tampil habis-habisan pada pertandingan terakhir Liga Inggris, Minggu malam ini. Misinya sama, tampil di Liga Champions musim depan.

(fat/pojoksatu)

Loading...