Daftar Pemain Terbaik Liga Inggris versi FWA Sejak 1993: MU Terbanyak, Tapi Sudah Satu Dekade Menghilang

Kapten Liverpool, Jordan Hendersen dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Premier League 2019/20 pilihan jurnalis (FWA). ft/twitter @LFC, pemain terbaik liga inggris
Kapten Liverpool, Jordan Hendersen dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Premier League 2019/20 pilihan jurnalis (FWA). ft/twitter @LFC

POJOKSATU.id, LIVERPOOL – Penghargaan pemain terbaik Liga Inggris oleh Football Writers Association (FWA) sudah lama diadakan. Dan sejak liga ini berganti nama Premier League, Manchester United menunjukkan dominasinya.


Tercatat sejak 1993, enam kali pemain MU jadi pemain terbaik Premier League versi FWA.

Sayangnya, sudah satu dekade tak ada pemain Setan Merah yang meraih gelar pemain terbaik pilihan jurnalis ini.

Wayne Rooney pada musim 2009/10 adalah pemain terakhir Man United yang meraih penghargaan ini.


Untuk edisi 2019/20, Kapten Liverpool, Jordan Henderson terpilih sebagai pemain terbaik Premier League FWA.

Gelandang berkebangsaan Inggris itu mengalahkan perolehan suara playmaker Manchester City, Kevin de Bruyne.

Meski De Bruyne juga tampil mengesankan bersama The Citizen sepanjang musim ini, namun Liverpool sukses menjadi kampiun, di mana Henderson menunjukkan peran pentingnya.

Hal itu diyakini jadi pertimbangan mayoritas jurnalis sepak bola dunia memilih Henderson sebagai pemain terbaik tahun ini.

Berbeda dengan Pemain Pemain Terbaik PFA, Pemain Terbaik FWA telah diberikan kepada pemain sejak musim 1947/48 oleh anggota FWA (sekitar 400 jurnalis sepakbola). Ini merupakan penghargaan individu tertua di sepak bola.

Sebenarnya, sebelum dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris, Henderson bukan favorit utama untuk memenangkan penghargaan ini. Ada Virgil van Dijk dan Sadio Mane, juga Marcus Rashford (Man United) dan Kevin De Bruyne.