FIFA Kembangkan Teknologi Offside Lebih Canggih, Pakai Sistem VOL

FIFA kembangkan teknologi offside sistem VOL. ft/fifa
FIFA kembangkan teknologi offside sistem VOL. ft/fifa

POJOKSATU.id, JAKARTA – Federasi sepak bola dunia, FIFA terus mengembangkan teknologi untuk mendeteksi offside se-akurat mungkin. Teknologi itu menggunakan sistem virtual offside line (VOL).


Teknologi offside semi-otomatis ini pertama kali diuji coba pada Piala Dunia Antar Klub FIFA, Desember 2019 di Qatar.

Tapi baru-baru ini, FIFA melakukan demonstrasi perkembangan teknologi tersebut. Melalui video konferensi online, FIFA memperlihatkan sistem VOL itu kepada Kelompok Kerja Keungulan Inovasi. Tim ini yang nantinya akan mematenkan sistem ini.

Dikutip Pojoksatu.id dari laman resmi FIFA, implementasi sistem video asisten wasit (VAR) sukses dimasukkan ke dalam Laws of the Game pada Maret 2018. Kini FIFA ingin meningkatkan teknologi VAR di semua tingkatan permainan.


Khususnya pengembangan teknologi offside semi-otomatis yang diharapkan mampu memberikan VAR informasi tambahan dan lebih akurat. Hal itu tidak lain untuk membantu proses pengambilan keputusan wasit dan membuat proses peninjauan seefisien mungkin.

Pada 22 Juni, FIFA mengadakan demonstrasi jarak jauh dari teknologi offside sistem VOL, yang diselenggarakan oleh salah satu penyedia teknologi, untuk Kelompok Kerja untuk Keunggulan Inovasi.

Salah satu dari beberapa penyedia teknologi yang bersaing menghadirkan sistem teknologi offside semi-otomatis kepada 50 peserta dari seluruh dunia.

Kelompok ini diberi kesempatan untuk belajar tentang perkembangan teknologi saat ini dan untuk mengajukan pertanyaan terperinci.

Penyedia teknologi, yang sudah menggunakan sistem VOL bersertifikasi FIFA, menunjukkan beberapa aspek dari proses pengembangan dan teknologi yang terlibat.

Sistem ini diharapkan memberikan keputusan offside semi-otomatis dalam penundaan sesingkat mungkin. Jadi wasit di lapangan dapat dengan cepat dibantu dalam situasi yang relevan.

Menentukan Bagian Tubuh Pemain Offside

Salah satu tantangan utama dalam pengembangan teknologi offside yang canggih adalah deteksi titik tendangan yang akurat dan otomatis.

Penyedia teknologi memberi tahu kelompok tersebut tentang kemungkinan solusi seperti melacak data dari teknologi sensor atau data video dari sistem kamera.

Selain itu, sistem harus mengidentifikasi dengan benar bagian tubuh mana yang menempatkan pemain dalam posisi offside atau onside.

Tes akurasi telah menunjukkan bahwa operator manusia cenderung memilih bagian tubuh yang berbeda untuk jalur offside. Langkah-langkah telah dibuat di bidang itu juga, dengan sistem otomatis disajikan pembelajaran untuk memodelkan kerangka pemain dengan benar.

Di masa depan, algoritma yang dikembangkan dari sistem harus dapat secara otomatis mengidentifikasi bagian tubuh mana yang menempatkan pemain offside dan dengan jarak berapa.

“Tujuannya adalah untuk mengembangkan alat pendukung yang mirip dengan teknologi garis gawang: Tidak dirancang untuk membuat keputusan, tetapi untuk memberikan bukti secara instan kepada wasit,” pesan dari pertemuan tersebut, sebagaimana dilansir situs resmi FIFA.

Keputusan Akhir Tetap di Tangan Wasit

FIFA dan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) selalu menyatakan bahwa keputusan akhir akan tetap pada wasit. Teknologi yang diperkenalkan hanya untuk mendukung dalam pengambilan keputusan pemimpin pertandingan.

Pertimbangan utama lainnya untuk FIFA dan para pemangku kepentingan adalah cara terbaik untuk menyajikan situasi tersebut kepada para penggemar di dalam stadion dan di depan televisi.

“Acara-acara ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi Kelompok Kerja FIFA untuk lebih memahami kompleksitas dan status pengembangan teknologi baru. Menyediakan platform untuk membahas inovasi baru dalam sepak bola secara langsung dengan industri,” kata Direktur FIFA untuk Teknologi & Inovasi Sepakbola, Johannes Holzmuller.

Pertemuan berikutnya Kelompok Kerja FIFA direncanakan pada awal Juli dan lebih banyak tes dan demonstrasi dijadwalkan untuk paruh kedua tahun ini.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

(fat/pojoksatu)