Satistik Bicara, RB Leipzig Ternyata Lebih Baik dari Bayern dan Dortmund Dalam Hal Ini

Kapten RB Leipzig, Marcel Sabitzer mencetak dua gol ke gawang Atalanta.
Kapten RB Leipzig, Marcel Sabitzer.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Bundesliga Jerman musim 2019/20 segera berakhir, sisa dua pekan. Bayern Munich sudah dipastikan juara sejak pekan lalu. Tapi bicara efektivitas permainan, Bayern ternyata kalah dari RB Leipzig.


Sebuah statistik yang dirilis FootballCritic mengulas tentang sejauh mana efektivitas penguasaan bola dalam menghasilkan gol. Hasilnya, tim asuhan Julian Nagelsmann menjadi tim paling efektif.

Data yang digitung pada 16 Juni lalu itu (usai pekan ke-31) menunjukkan bahwa Leipzig yang mencatat rata-rata 55 persen penguasaan bola mampu menghasilkan 77 gol. Rasio efektivitas Leipzig sebesar 1,4.


Bandingkan dengan Bayern Munich yang rata-rata mencatat 66,1 persen penguasaan bola dan menghasilkan 89 gol (tertinggi), rasio efektivitasnya ternyata hanya 1,35. Bayern pun hanya menempati urutan kedua dalam daftar ini.

Sementara Dortmund di urutan ketiga dengan rasio efektivitas 1,34 dari 61 persen penguasaan bola dan mencetak 82 gol.

Data mengejutkan lainnya adalah munculnya Augsburg di peringkat keempat. Tim peringkat 14 di klasemen sementara Bundesliga itu hanya memiliki rata-rata 37,9 persen penguasaan bola, tapi mampu membukukan 42 gol. Rasionya, 1,11.

Schalke 04 yang ada di peringkat 10 klasemen sementara, menempati posisi paling buncit dalam daftar ini. Mencatat rata-rata 29,6 persen penguasaan bola dan hanya mampu mencetak 33 gol. Rasionya, 0,67.

Dari data di atas, menunjukkan bahwa penguasaan bola bukan jaminan sebuah tim bisa menghasilkan gol yang banyak.

Bermain pragmatis namun efektif dan tentu saja meraih hasil maksimal di setiap laga tentu akan lebih baik.

RB Leipzig sendiri akan menghadapi Borussia Dortmund, Minggu (21/6/2020) dini hari nanti WIB. Ini hanya akan jadi duel perebutan posisi kedua.

Sementara itu, setelah kepergian bomber utama mereka, Timo Werner ke Chelsea musim depan, akankah Leipzig masih bisa menampilkan permainan efektif? Kita tunggu saja.(fat/pojoksatu)