Ada Alasan Kuat Mengapa Kompetisi Harus Bergulir

liga 1 2019, shopee liga 1, jadwal liga 1
Logo Shopee Liga 1/Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengungkapkan beberapa alasan mengapa Liga tetap harus berputar meski pandemi Covid-19 masih belum mereda.


Indra Sjafri menuturkan, pihaknya merasa perlu kampanye lewat sepak bola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan bejalar dengan situasi new normal.

“Kami rasa perlu kampanye lewat sepak bola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan belajar dengan situasi new normal dengan menjalankan protokol kesehatan,” katanya, di situs PSSI.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan bahwa sepak bola melalui kompetisinya, ialah alat yang mudah untuk mengabarkan kepada dunia luar tentang kondisi di Indonesia.


Berkaca pada pengalaman Indonesia saat disanksi oleh FIFA, kompetisi ketika itu harus diberhentikan oleh PSSI. Kemudian, prestasi sepak bola Indonesia semakin terjun bebas.

“Kompetisi yang dilakukan sekarang adalah buat kepentingan timnas ke depan. Supaya pemain selalu berkompetisi dan dengan sendirinya pemain tetap terasah kualitasnya,” ucapnya.

Memang, tujuan utama ialah menyiapkan Timnas Indonesia U-19 yang akan diproyeksikan untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2021 mendatang di Indonesia.

Dikatakan, tanpa kompetisi dan jam terbang pemain, dikhawatirkan timnas jeblok.

Karena itu, kompetisi perlu digulirkan untuk menjaga dan mengangkat kualitas serta mental bertanding pemain muda yang semuanya tergabung di klub.

(jpnn/pojoksatu)