Liga 1 Kembali Bergulir September ? Demi Gengsi Indonesia di Mata Dunia

Ketua Umum PSSI M Iriawan
Ketua Umum PSSI M Iriawan.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersikeras Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 ini harus dilanjutkan. Hal itu demi menjaga gengsi Indonesia yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang.


Demikian disampaikan M Iriawan atau yang karib disapa Iwan Bule ketika membuka rapat virtual dengan klub Liga 1 dan 2, Selasa (2/6/20). Rapat ini masih berlangsung saat berita ini diracik redaksi Pojoksatu.id.

Namun sejauh ini sudah ada beberapa usulan yang diajukan, seperti rencana melanjutkan kompetisi musim ini.

Dari rilis yang diterima redaksi, Iwan Bule berharap Liga 1 bisa digulirkan kembali pada September mendatang dengan beberapa pertimbangan.


“Semua harus melihat ke depan untuk kepentingan Timnas yang akan berkompetisi di Piala Dunia U-20 2021. Itu sebabnya kompetisi harus dilanjutkan. Apa kata dunia jika,” kata Iwan Bule.

Sebagai negara yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, tentu mata dunia akan tertuju ke Indonesia. Dimulai dari persiapannya hingga hajatan nanti.

“Apa kata dunia kalau Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tidak melanjutkan kompetisi,” lanjutnya.

Meski demikian, Iwan Bule memastikan protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat untuk mencegah penularan virus corona, jika liga digulirkan kembali.

Mengenai protokol kesehatan ini akan dipaparkan lebih lanjut oleh dokter PSSI, Syarif Alwi.

Dalam kesempatan itu, Iwan Bule berharap promosi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 harus lebih gencar.

“Kita harus mencotoh Qatar ketika ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Mereka melakukan promosi besar-besaran,” ujarnya.

Melanjutkan kompetisi ini, dinilai Iwan Bule sebagai salah satu ajang mempromosikan Indonesia. Dunia akan melihat bahwa Indonesia siap menggelar Piala Dunia U-20.

Adapun ketika liga digulirkan kembali, pemain Timnas U-19 harus dimasukkan ke dalam tim yang berlaga di Liga 1 dan 2 untuk melatih mental mereka bertanding di kompetisi resmi.

Namun pemaparan dari Iwan Bule ini belum jadi keputusan akhir. Hal itu sebatas usulan yang nantinya didiskusikan dengan klub, lalu akan ditentukan pada rapat Exco. (fat/pojoksatu)