Dua Jenderal Purnawirawan Diangkat Jadi Staf Khusus Ketua PSSI

Ketua Umum PSSI M Iriawan
Ketua Umum PSSI M Iriawan.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memutuskan untuk mengangkat dua jenderal purnawirawan TNI AD sebagai staf khusus. Keduanya diharapkan dapat memberikan masukan dan pertimbangan dalam situasi sepak bola nasional ke depan.


Meski dari kalangan militer, salah satu dari mereka adalah mantan pemain PSM Makassar.

Dikutip Pojoksatu.id dari laman resmi PSSI, kedua stafsus Ketum PSSI itu adalah Mayjen TNI (Purn) Leonardus JP Siegers dan Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi.

Sekadar diketahui, Leo Siegers adalah mantan Pangdam I Bukit Barisan pada Mei 2010 hingga September 2011.


Lulusan Akmil 1978 itu berpengalaman melaksanakan tugas kemiliteran seperti mengamankan DKI Jakarta ketika pecah kerusuhan Mei 1998.

Penunjukan Leo disinyalir karena memiliki latar belakang sepak bola. Ia diketahui pernah aktif sebagai pemain.

Pria kelahiran Makassar, 20 Agustus 1956 tersebut pernah memperkuat PSM Makassar di era 1970-an. Bahkan saat masih aktif sebagai tentara ia juga sempat bermain untuk PS TNI.

Sementara Andogo Wiradi belum pernah terjun secara langsung di dunia sepak bola nasional.

Lulusan Akmil 1981 tersebut pernah menjabat Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) di masa Luhut Binsar Panjaitan menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Nama Andogo yang besar di kesatuan infanteri baret merah (Kopassus) juga pernah menjabat Kasdam I/Bukit Barisan dan mengakhiri karier militernya sebagai Koordinator Staf Ahli Panglima TNI.

“Keberadaan Pak Leo dan Pak Andogo sangat bermanfaat untuk memberi masukan kepada Ketua Umum,” kata Mochamad Iriawan.

Kedua staf khusus ini telah bekerja dalam membantu tugas Ketua Umum PSSI. Leo Siegers bahkan tampak mendampingi Mochamad Iriawan ketika bertemu dengan Menpora Zainudin Amali pada 22 Mei lalu untuk menyampaikan perkembangan persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Rencananya Leo dan Andogo akan mengikuti rapat virtual antara PSSI dengan para peserta Liga 2 2020 pada Jumat (29/5/2020) besok. (fat/pojoksatu)