Hari Pertama Latihan, 6 Pemain Premier League Positif Corona

Liga Premier Inggris.
Liga Premier Inggris.

POJOKSATU.id, LONDON – Kompetisi kasta tertinggi Inggris, Premier League bersiap untuk melanjutkan kembali kompetisi musim 2019/20. Pada pemain mulai latihan pada Selasa (19/5/2020). Tapi sebelum latihan mereka menjalani tes Covid-19.

Dari 748 pemain dan staf yang melakukan pengujian Virus Corona, diketahui ada enam orang dari tiga klub berbeda yang dinyatakan mengidap virus mematikan yang awal kemunculannya di Wuhan, China itu. Dikutip Pojoksatu.id dari ESPN.

Pada hari Senin kemarin, liga mengumumkan bahwa klub akan diizinkan untuk memulai kembali pelatihan dalam kelompok kecil. Tapi belum menentukan tanggal pasti kapan liga akan digulirkan kembali, meski 12 Juni adalah perkiraan awal.

Setiap klub Liga Premier telah mengirimkan 40 staf – pemain, pelatih, staf medis – untuk pengujian sebelum dimulainya pelatihan kelompok.

Sebagai bagian dari protokol ketat Liga Premier, tidak ada pemain yang bisa berlatih tanpa diuji dan pemain atau staf yang dinyatakan positif harus mengkarantina diri mereka sendiri selama tujuh hari.
Pengujian akan dilakukan di setiap klub dua kali seminggu.

Sepak bola profesional telah ditangguhkan di Inggris sejak 13 Maret karena pandemi corona. League Two meminta penghentian musim mereka minggu lalu, dengan League One diperkirakan akan menyusul dalam beberapa hari mendatang.

Jika Premier League baru mulai berlatih, Liga Jerman atau Bundesliga bahkan sudah bergulir kembali akhir pekan kemarin.

Pada 5 Mei lalu, tercatat ada 10 pemain Bundesliga dinyatakan positif corona. Namun, ini dari 1.724 tes virus corona setelah klub kembali berlatih pada 6 April.

Klub Liga Premier tetap tidak dapat menyepakati tanggal untuk melanjutkan kompetisi karena berbagai ketidaksepakatan termasuk tempat untuk pertandingan dan masalah keselamatan.

Makanya prospek degradasi akan diputuskan oleh rata-rata poin per pertandingan jika tanggal kembali tidak dapat diselesaikan dengan 14- 6 mayoritas dari 20 klub.

Tetapi dengan harapan permainan akan dimainkan lagi pada pertengahan Juni, Liga Premier sekarang telah mengkonfirmasi pelatihan dalam kelompok-kelompok kecil mulai diizinkan pada sore hari 19 Mei.

(fat/pojoksatu)

Berita Terkini