Sporting Dilaporkan ke FIFA Soal Transfer Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sporting CP dilaporkan Sampdoria ke FIFA terkait transfer Bruno Fernandes ke Manchester United.


Diketahui, Fernandes sudah berkostum Manchester United tiga bulan lalu setelah transfer senilai EUR 55 juta (Rp 898,9 miliar).

Permasalahannya, dilansir laman Il Secolo XIX, Sampdoria yang notabene klub lawas Bruno, bisa kecipratan untung dari transfer tersebut.

Ada klausul yang menyebut bahwa klub berjuluk Il Samp itu berhak mendapat bagian sekitar 10 persen dari penjualan Bruno. Artinya, uang EUR 5,5 juta (Rp 90,1 miliar) seharusnya didapatkan Sampdoria. Sporting bisa membayarnya dengan skema cicilan tiga kali termin.


Namun, sampai saat ini, belum sepeser pun yang didapatkan Sampdoria. Makanya, sebagaimana dilansir Football Italia, klub milik Massimo Ferrero itu memilih melaporkan Sporting ke FIFA.

“Kedua klub masih tetap berharap win-win solution. Tapi, jika Sporting masih bersikeras, jalan ke FIFA jadi pemecahan terakhirnya,” sebut laman Sampdoria News.

Adapun klausul 10 persen tersebut muncul ketika Bruno meneken kontrak dengan Sampdoria. Itu terjadi pada musim panas 2017.

Ketika itu, pemain terbaik Primeira Liga dua musim beruntun (2017–2018, 2018–2019) itu dibeli dengan banderol EUR 8,5 juta (Rp 139,1 miliar). Dari situ muncul angka 10 persen milik Sampdoria yang baru semusim merasakan servisnya jika Sporting melepas Bruno ke klub lain.

Faktanya, Sporting tak bersedia memberikan apa yang dimau Sampdoria tersebut. Dalam pembelaannya, mantan klub Cristiano Ronaldo itu menganggap klausul 10 persen tersebut sudah hangus.

“Tak berlaku lagi setelah kami membuatkan kontrak baru untuknya (Bruno) pada 2018 silam,” tulis Sporting dalam pernyataan resmi sebagaimana dilansir laman A Bola.

Kontrak baru yang diteken Bruno pada 10 Juli 2018 itu hanya memuat perbaruan kontrak lima musim dan nilai klausul pelepasan mencapai EUR 100 juta (Rp 1,63 triliun).

Sementara, sebagaimana dilansir dari laman SAPO Desporto, kesepakatan fee 10 persen untuk Sampdoria tersebut tertera pada kontrak pertamanya di Sporting.

Dari kontrak yang diteken pada musim panas 2017 itu, durasi kontrak lima musim Bruno hanya sampai musim panas 2022. Sedangkan klausul pelepasannya tetap bernilai EUR 100 juta.

Di sisi lain, Bruno tidak mau terseret dalam persoalan itu. Kepada MUTV, Bruno memilih fokus dengan karirnya saat ini. “Karena aku sekarang bukan bagian dari mereka lagi,” ucapnya.

(jpc/pojoksatu)