Gara-gara Logo dan Ulah Suporter, UEFA Denda Man City dan Bayern

Spanduk protes terhadap harga tiket berujung denda bagi Bayern Munich.
Spanduk protes terhadap harga tiket berujung denda bagi Bayern Munich.

POJOKSATU.id, NYON – Sejumlah klub top Eropa dijatuhi sanksi oleh UEFA, Selasa (31/3/2020). Seperti Manchester City, Bayern Muenchen dan Eintracht Frankfurt yang didenda karena ulah suporter dan kesalahan pemasangan logo klub.


Dikutip Pojoksatu.id dari AP, Bayern diperintahkan untuk membayar 20.000 euro (Rp320 juta) karena suporter mereka membuat pesan provokatif yang bersifat ofensif selama pertandingan Liga Champions di Chelsea pada Februari lalu.

Suporter The Bavarian membentangkan spanduk dalam bahasa Inggris yang memprotes harga tiket yang dianggap terlalu tinggi.

UEFA menjatuhkan denda tambahan buat Bayern, juga sebesar 20 ribu euro karena gangguan kerumunan di Stamford Bridge, di mana juara Jerman menang 3-0 di leg pertama babak 16 besar. Pertandingan leg kedua belum dimainkan.


Sementara suporter Eintracht menampilkan slogan-slogan yang tidak sopan yang ditujukan kepada UEFA dan lawannya, Salzburg pada pertandingan Liga Eropa pada bulan Februari.

Salzburg telah lama memiliki hubungan sponsor dengan perusahaan minuman energi Red Bull yang memiliki klub Jerman Leipzig.

UEFA mendenda Eintracht 15.000 euro (Rp240 juta) karena pesan provokatif suporternya, dan denda 10 ribu euro (Rp160 juta) karena ‘menyerang’ UEFA. Total denda adalah 57.000 euro dengan biaya tambahan untuk pelanggaran aturan manajemen stadion.

Manchester City yang tengah mengajukan banding terhadap larangan dua tahun tampil di Liga Champions, kini harus membayar denda 3 ribu euro (Rp48 juta) karena menggunakan logo yang ukurannya terlalu besar.

UEFA mengutip aturan yang mengatur ukuran logo sponsor pada jaket pemanasan dan City dianggap melakukan pelanggaran kit sebelum sebelum laga kontra Real Madrid yang dimenangkan City 2-1, pada Februari lalu.

Browser anti blokir Kojop sudah bisa diunduh di Play Store, klik bit.ly/kojop

(fat/pojoksatu)