Sebelum Laga, Polandia dan Portugal Heningkan Cipta

Suporter Portugal. Foto: AFP

POJOKSATU.idMARSEILLE – Laga perdana perempat final Piala Eropa 2016 antara Polandia menghadapi Portugal dimulai dengan mengheningkan cipta selama satu menit. Hal tersebut bentuk solidaritas menyikapi tragedi kemanusiaan yang terjadi di Bandara Ataturk, Turki, Rabu (29/6).

“Mengheningkan cipta ini untuk menghormati tragedi yang terjadi di Turki, bahwasanya sepakbola selalu membawa pesan perdamaian dan mengecam segala bentuk kekerasan,” cetus komentator televisi saat prosesi mengheningkan cipta.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan UEFA yang menyatakan akan mengheningkan cipta jika terjadi tragedi yang melibatkan salah satu negara peserta, dan Turki tercatat sebagai salah satu negara kontestan di Piala Eropa kali ini.

Turki memainkan tiga pertandingan di Piala Eropa 2016, yaitu menelan kekalahan dari Spanyol dan Kroasia serta menang atas Republik Ceko di laga terakhir.


Sebelumnya, diberitakan Rob Harris, wartawan dari Associated Press, mengatakan, UEFA menolak mengheningkan cipta dengan alasan ledakan tersebut tak terkait langsung dengan sepak bolak. “UEFA mengatakan akan mengheningkan cipta satu menit jika tragedi terkait sepak bola,” ujar Harris.

Isu tersebut sempat menjadi topik hangat netizen yang mengecam keputusan UEFA, namun isu tersebut terbantahkan setelah mengheningkan cipta satu menit membuka pertandingan ketat antara Polandia menghadapi Portugal. (salvv/pojoksatu)