Daftar Pemain Bintang Persib dari Masa ke Masa

Persib Bandung
Persib Bandung.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Perjalanan Persib Bandung dalam sejarah sepak bola Indonesia tidak lepas dari kontribusi pemain bintang yang dimiliki.

Persib memang dikenal sebagai tim elit yang selalu bertabur pemain bintang. Baik itu pemain lokal maupun pemain asing. Termasuk dalam keberhasilan Persib menjuarai Perserikatan sebanyak lima kali dan dua kali juara Liga Indonesia.

Dalam satu dekade terakhir, Persib juga menjadi magnet bagi pemain-pemain berkualitas di Indonesia. Tidak heran jika dalam skuat Timnas Indonesia, mayoritas dihuni pemain Persib Bandung.

Sukses Persib menjuarai Liga Super Indonesia tahun lalu juga berkat kontribusi sejumlah pemain timnas di skuat asuhan Jajang Nurjaman ini. Sebut saja Supardi, Ahmad Jufryanto, Firman Utina, M. Ridwan, hingga Ferdinand Sinaga.


Skuat yang tidak banyak berubah pada tahun ini sebenarnya membuat Persib kembali diunggulkan menjuarai ISL. Sayang kompetisi resmi itu terhenti karena PSSI terkena sanksi FIFA.

Makanya turnamen non resmi berlabel Piala Presiden 2015 ini bisa jadi pelampiasan para penggawa Persib untuk mempersembahkan juara bagi para fans fanatiknya. Persib akan menghadapi Sriwijaya FC pada final Piala Presiden 2015, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/10/2015) mendatang.

Berikut Pemain Bintang Persib Bandung dari masa ke masa:

Juara Perserikatan 1937
Pemain Bintang: Enang Durasid, Komar, Jasin, Arifin, Kucid, Edang, Ibrahim Iskandar, Saban, Sugondo dan Adang.

Juara Perserikatan 1961
Pemain bintang: Juju (kiper), Simon Hehanusa, Hermanus, Ishak Udin, Fatah Hidayat, Him Tjhiang, Wowo Sunaryo dan Omo Suratmo.

Juara Perserikatan 1986
Pemain bintang: Wawan Hermawan (kiper), Wawan Karnawan, Ujang Mulyana, Robby Darwis, Ajat Sudradjat, Dede Rosadi, Djadjang Nurdjaman, dan Djafar Sidik.

Juara Perserikatan 1990
Pemain bintang: Kekey Zakaria, Robby Darwis, Dede Rosadi, Adjat Sudradjat

Juara Perserikatan 1994
Pemain bintang: Aris Rinaldi (kiper); Robby Darwis, Yadi Mulyadi, Yusuf Bachtiar, Yudi Guntara, Kekey Zakaria dan Sutiono Lamso.

Juara Liga Indonesia 1995
Pemain Bintang: Anwar Sanusi (kiper), Mulyana, Robby Darwis, Dede Iskandar, Nandang Kurnaedi, Yudi Guntara, Kekey Zakaria dan Sutiono Lamso.

Juara Liga Super Indonesia 2014
Pemain Bintang: I Made Wiriawan, Supardi, Vujovic, Jufryanto, Toncip, Hariono, Firman, Konate, M. Ridwan, Tantan, Ferdinand Sinaga.

(pojoksatu/fat)

Baca juga:

Inilah Daftar Juara yang Telah Diraih Persib Bandung
Piala Presiden 2015: Begini Perjalanan Sriwijaya FC Menuju Final
Piala Presiden 2015: Simak Perjalanan Persib Bandung ke Final