Ternyata Cuma Segini Nilai Hak Siar Laga ISL

ISL.
ISL.
ISL.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengelolaan Indonesian Super League oleh PT Liga Indonesia selama bertahun-tahun lalu patut dipertanyakan. Soalnya, komersialisasi hak siar klub ISL terbilang rendah. Terutama bagi klub peserta ISL.

Kokoh Afiat, direktur keuangan PT LI di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (5/7) sore, menyebut ada dua pembagian nilai hak siar.

“Untuk siaran langsung ISL sore hari, klub mendapatkan Rp 25 juta. Kalau malam hari, mendapatkan Rp 35 juta,” katanya.

Sementara itu, menurut salah satu pengurus stasiun televisi yang pernah menayangkan kompetisi ISL, nilai yang ditawarkan per laga, jauh lebih besar dari jumlah yang menurut Kokoh diberikan ke klub. Apalagi, saat tim-tim besar dan ada laga big match.


“Menurut saya ada yang tidak dijelaskan secara rinci, berapa yang didapatkan operatornya, berapa yang diberikan ke klub. Gap-nya lumayan itu,” terang pria yang enggan dituliskan namanya itu.

Klub-klub, menurut dia idealnya bisa mendapatkan ratusan juta, jika melihat bobot laganya. “Kalau seperti ini, klub tak akan pernah menikmati harga jual mereka dengan fair,” tutur dia. (dkk/jpnn/fat)