Ini Profil 17 Anggota Tim Transisi Kemenpora (1)

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

POJOKSATU.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sudah meresmikan pembentukan Tim Transisi. Tim yang menggantikan peran PSSI ini diisi 17 orang yang memiliki berbagai macam profesi, mulai dari eks Wakil ketua KPK hingga artis.

Ada 17 orang yang telah dipilih oleh Imam masuk dalam tim dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda. Sebut saja nama Bibit Samad Riyanto yang sempat punya jabatan penting sebagai wakil ketua KPK.

Selain itu juga ada nama Darmin Nasution, eks Gubernur Bank Indonesia yang kini menjabat Komisaris Utama (Komut) Bank Mandiri. Selain itu tim ini juga diisi Letnan Jenderal (Letjen) Lodewijk Freidrich Paulus, eks Danjen Kopassus (2009) dan Pangdam I/Bukit Barisan (2011), yang kini menjadi Dankodiklat (Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan) TNI AD.

Berikut profil singkat 17 anggota Tim Transisi bentukan Kemenpora:


1. FX Hadi Rudyatmo (Wali Kota Surakarta)
Sosok ini tidak asing di persepakbolaan nasional. Pernah lama mengurusi Persis Solo sebagai Ketua Pengcab PSSI Surakarta. Kemudian pernah jadi anggota Komite Normalisasi (KN) PSSI pada 2011. Kedekatan dengan Presiden RI Jokowi jadi alasan kuat Wali Kota Surakarta ini masuk ke dalam Tim Transisi.

2. Lodewijk F. Paulus (Dankodiklat TNI AD)
Mantan Danjen Kopassus dan Pangdam Bukit Barisan. Jenderal bintang tiga ini sekarang menjabat sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD. Pernah diperaya sebagai Danjen Kopassus. Salah satu sosok yang gandrung dengan sepak bola. Selalu jadi pembina olahraga setempat jika bertugas di suatu wilayah.

3. Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung)
Salah satu wali kota populer di Indonesia. Wali Kota Bandung ini dianggap mencerminkan perubahan dan regenerasi kepemimpinan dari kalangan muda. Reformis dan selalu memiliki teroboson dalam membangun daerah.

4. Edy Rumpoko (Wali Kota Batu)
Jabatan sebagai Wali Kota Batu yang disandang sekarang membuatnya dekat dengan sepak bola. Darahnya sejatinya penuh dengan sepak bola karena pernah jadi Pembina Arema Malang dan Ketua Umum PSSI Kota Batu. Baru-baru ini menggulirkan wacana menggelar Jatim Cup, setelah PSSI menghentikan kompetisi di semua lapisan karena force majeure.

5. Ricky Yakobi (Eks Timnas)
Mantan pemain timnas Indonesia. Popularitasnya di persepakbolaan nasional pada masanya tidak perlu dibantah lagi. Sosok ini sempat masuk ke dalam Tim 9 yang beberapa hari lalu dibubarkan setelah dibentuknya Tim Transisi.(fat/bersambung)