FIFA Deadline PSSI Tuntaskan Masalah

Menpora Imam Nahrawi.

POJOKSATU.id – FIFA telah mengirimkan surat kepada PSSI tertanggal 4 Mei 2015 yang juga ditanda tangani oleh Sekjen FIFA Jerome Valcke perihal usaha pemerintah lewat Menpora untuk mengintervensi Induk Organsasi Sepak Bola tertinggi di Indonesia, yaitu PSSI.

Merujuk pada korespondensi sebelumnya tertanggal 22 April 2015, lalu berlanjut di tanggal 27 dan 30 April 2015, yang mengatakan bahwa Menpora akan membentuk tim transisi yang akan mengambil alih semua fungsi dari PSSI, juga didalamnya terkait timnas yang akan berada dibawah pengawasan KONI dan KOI.

Dengan begitu, apa yang sudah dilakukan oleh Menpora, KONI dan KOI itu merupakan pelanggaran dari pasal 13 dan 17 statuta FIFA yang mengatakan tidak boleh ada intervensi dari pihak ketiga. FIFA memberikan waktu kepada PSSI untuk menyelesaikan masalahnya hingga tanggal 29 Mei 2015.

Kalau sampai dalam tenggat waktu tersebut tidak ada solusi, maka FIFA akan menjatuhkan hukuman kepada PSSI. FIFA juga mengatakan dalam suratnya agar PSSI serius mengatasi masalah ini, yakinkan Menpora dan KONI supaya ada solusi dari masalah yang ada.(lis/fat)